Asam Urat, Penyebab dan Tips Pengobatan

 
2
804
Ilustrasi

PEMBACA SO mungkin pernah mendengar atau justru pernah mengalami yang namanya asam urat. Itu terjadi karena adanya sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang kita konsumsi, bisa dikatakan ini merupakan hasil sampingan dari pemecahan sel dalam darah.

Lantas apa itu Zat Purin? Purin adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan berasal dari tubuh mahluk hidup, jika kita memakan mahluk hidup tersebut maka zat purinnya berpindah ke dalam tubuh kita. Tak hanya itu, dalam sayuran dan buah-buahan juga terdapat purin yang dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu.

Normalnya, asam urat ini akan dikeluarkan dalam tubuh melalui feses (kotoran) dan urin, tetapi karena ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat yang ada menyebabkan kadarnya meningkat dalam tubuh.

Hal lain yang dapat meningkatkan kadar asam urat adalah kita terlalu banyak mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung banyak purin. Asam urat yang berlebih selanjutnya akan terkumpul pada persendian sehingga menyebabkan rasa nyeri atau bengkak.

Penderita asam urat setelah menjalani pengobatan yang tepat dapat diobati hingga kadar asam urat dalam tubuhnya kembali normal. Tapi karena dalam tubuhnya ada potensi penumpukan asam urat, maka disarankan agar mengontrol makanan yang dikonsumsi sehingga dapat menghindari makanan yang banyak mengandung purin.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
0
0
0
0
0
0
0