Home » DAERAH » Rutilahu Buahdua Segera Cair

Rutilahu Buahdua Segera Cair


Tanggal:  Tue, 23 Jul 2013 10:28:06 WIB

Rumah warga yang akan mendapatkan Rutilahu.

Rumah warga yang akan mendapatkan Rutilahu.

BUAHDUA-Setelah lama menanti cairnya bantuan dana program Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) bagi warga miskin di Kecamatan Buahdua. Kini bantuan tersebut kini sudah dapat dicairkan. Bahkan bantuan telah berada di salah satu bank dan masih dalam tahap pengawasan serta kepengurusan pihak kecamatan untuk dicairkan langsung terhadap penerima manfaat.
Sebelum penerima manfaat dapat mencairkan bantuan tersebut, sebelumnya pihak kecamatan terlebih dahulu akan melakukan musyawarah dengan dinas terkait serta penerima bantuan. Mengingat dengan kondisi yang sebelumnya terjadinya ketidak sesuaian jadwal mengenai cairnya bantuan. Maka dari itu perlu dilakukan perbaikan mekanisme untuk disosialisasikan terhadap penerima bantuan. Begitu pun waktu pelaksanaan program tersebut baru akan diputuskan setelah melakukan sosialisasi terhadap penerima manfaat dalam minggu ini.
“Alhamdullah, setelah lama menanti bantuan untuk bedah rumah ini warga penerima bantuan pasti akan senang mendengarnya. Hanya tinggal beberapa tahap lagi sampai pelaksanaannya dapat terlaksana. Tapi nanti setelah melakukan musyawarah besok (hari ini, red.) ataupun lusa penjadwalannya pasti akan tercatat,” kata Camat Buahdua Beni Satriaji melalui selularnya, Senin (22/7).
Tambah Beni untuk pembagian bantuan dana tersebut akan dibagikan di lima desa dari jumlah keseluruhan sebanyak 14 desa di Kecamatan Buahdua. Diantaranya Desa Mekarmukti, Desa Cikurubuk, Desa Bojongloa, Desa Buahdua dan terakhir Desa Ciawitali. Sedangkan bagi desa lainnya akan mendapatkan bantuan tersebut setelah ada kelanjutan dari perencanaan bedah rumah kloter pertama.
“Ini Juga berdasarkan dari pusat bahwa untuk bantuan yang sekarang ini telah berada di Bank, kita bagikan dulu di lima desa yang telah terpilih. Tapi yang lainnya juga sama-sama akan ikut kebagian. Hanya tinggal menunggu kelanjutannya dulu apalagi kan seluruh desa di Buahdua ini belum mendapatkannya,” tambahnya.
Untuk pelaksanaan pembagian bantuan program Rutilahu di lima desa yang di dahulukan terlebih dahulu harus membereskan Rincian Anggaran Biaya (RAB) yang nantinya akan disetor ke Dinas PU. Sehingga dari hal tersebut, kata camat, Dinas PU akan bekerja sama dengan salah satu material di kecamatan untuk menyediakan barang yang dibutuhkan. Sehingga penerima bantuan tersebut langsung menerima barang atau material pembangunan rumah hingga selesai.
“Selain itu agar pencairannya dapat dilakukan dari setiap desa yang mengajukan RTLH harus menyelesaikan RAB dulu. Nantinya disetorkan ke Dinas PU dan disediakan langsung berupa barang kebutuhan oleh matrial,” tandasnya. (usp)

Leave a Reply



Free SEO Tools
Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!

© 2011 SUMEDANGONLINE :: Portal Berita Seputar Sumedang · RSS · Modified by sumedangonline.com · Powered by WordPress
Real Estate Link Exchange Directory
Free link exchange and link building service for real estate themed websites.