Menu

Mode Gelap

WISATA · 10 Jun 2010 14:20 WIB

Pameran Berbasis Lingkungan di Cilembu

Reporter: Admin | Editor: Admin


 Pameran Berbasis Lingkungan di Cilembu Perbesar

Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan selama ini dikenal sebagai penghasil Ubi Madu Cilembu, Penghasil Susu Sapi dan Sapi Potong. Namun pada perkembangannya desa ini mulai dikenal dengan daerah agrobisnis dan agrowisata dengan komoditas lebih luas dari ubi, susu sapi dan sapi potong.  Komoditas lain meliputi penanaman teh rosella dan tanaman obat herbal lainnya.  produk pertanian organik dengan dukungan pupuk kompos yang didukung oleh keadaan alamnya yang relatif belum banyak terjamah, pengunjung disuguhi menu kuliner setempat seperti bubur hanjeli, jagong beledug atau pepes suung bulan.

Pada jarak relatif dekat 10 KM dari kawasan pangjugjugan, pengunjung akan diajak pemandu wisata setempat untuk mengenali keindahan alam Gunung Masigit Kareumbi.  Di situ terdapat rumah pondokan yang dapat diinapi dengan harga relatif murah dengan pemandangan kareumbi yang lestari, sebuah situ dan kolam ikan serta hamparan sawah dan kebun.

Bila kita gemar menikmati nuansa alam dengan hijauan pepohonan, kicau burung dan gemercik air, tempat ini layak dikunjungi untuk family gathering, outbond, atau memancing dan lain-lain.

Kaitan dengan keberadaan wisata alam itu, Badan Lingkungan Hidup menyelenggarakan salah satu kegiatan dalam Rangkaian Hari Lngkungan Hidupnya di lokasi Pangjugjugan Wisata Alam Cilembu, Kamis 10/6-2010.  Suhara selaku Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Sumedang dalam kata sambutnya menyambut baik usaha pemilik lahan yang mengelola tempat wisata pangjugjugan yang saat itu menyelenggarakan Pameran Angkrek dan bonsay.  Sementara ituJajat Sudajat dalam sambutannya selaku pemilik lahan wisata mengatakan kehidupan manusia tidak akan lepas dengan kebutuhan akan apa yang ada di bumi ini, baik itu air dan tanah.  ketergantungan manusia terhadap hal tersebut menjadikan kita harus selalu menjaga kelestarian alam sebagai salah satu bentuk  kesyukuran kita kepada sang pencipta alam ini.

Hadir dalam Pameran yang berbasis lingkungan tersebut Bupati Sumedang, Mantan Sekda Jabar Setia Hidayat dan para Pejabat di lingkungan Pemerintah Sumedang.  Camat Pamulihan Bambang Ryanto dalam kesempatan itu menyatakan kebanggaannya atas penyelenggaraan pameran berbasis lingkungan yang diselenggarakan di daerahnya[asnang]

Artikel ini telah dibaca 14 kali

Baca Lainnya

Izin Operasional Telah Keluar, Forest Walk Jatigede Siap Manjakan Pengunjung

25 Oktober 2023 - 10:06 WIB

Penandatanganan perjanjian kerjasama pemanfaatan jasa lingkungan wisata alam forest walk antara Perusahaan Umum (Perum) Kehutanan Negara dengan PT. Kampung Makmur (Perseroda) di ruang kerja Pj. Bupati Sumedang. Senin, 23 Oktober 2023.

Pj Sekda Sumedang: Rata-rata Kunjungan Wisatawan ke Menara Kujang Sapasang 500 Orang/Hari

19 Oktober 2023 - 12:16 WIB

Pengjung yang datang ke Menara Kujang Sapasang di Jatigede.

Jadi Juara 1 Duta Pariwisata Sumedang, Nabila Maydini Putri Mengaku Ingin Lebih Profesional

5 September 2023 - 13:21 WIB

Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan saat menghadiri malam Grand Final Duta Pariwisata Sumedang,di Graha Insun Medal (GIM) Sumedang, Jawa Barat. Sabtu (02/09/2023) Malam.

Tiket Masuk Taman Seribu Cahaya Destinasi Keren di Wilayah Jatigede

31 Agustus 2023 - 09:13 WIB

Paralayang saat melintas kawasan Jatigede.

Sambut Tahun Baru Islam, Cisarua Gelar Ritual Hajat Lembur

1 Agustus 2023 - 12:06 WIB

Masyarakat adat Dusun Ciwaru Desa Cisarua Kecamatan Cisarua, menggelar ritual menyambut Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah. Senin, 31 Juli 2023 malam.

Pemilihan Duta Pariwisata, PUTRI Sumedang: Sudah 20 Orang Mendaftar

15 Juli 2023 - 13:36 WIB

Duta Pariwisata Sumedang
Trending di Pilihan Redaksi