Home / ARSIP

Senin, 16 Agustus 2010 - 22:35 WIB

TOGA, Belum Berpromosi Lagi



Kampung Toga : Salahsatu Bangunan yang ada di Kampung Toga - Sumedang.

SumedangOnline – Infrastruktur jalan menuju objek wisata Kampung Toga kondisinya sungguh memprihatinkan, hampir disetiap ruas jalan yang menuju ke Objek wisata yang terkenal dengan Paralayang nya sampai ke mancanegara tersebut, kondisi jalannya banyak berlubang.

Hal tersebut seperti diungkapkan Susi Yugianti manager marketing kampung Toga kepada SumedangOnline diruang kerjanya, Senin (16/08).

Susi menuturkan, rusaknya jalan tersebut menimbulkan nada sumbang dari para pengunjung terhadap Pemerintah Sumedang, mereka, menilai Pemerintah Sumedang tidak terketuk mengenai wisata. Padahal dinegara tetangga mereka hanya tahu di Sumedang tempat wisata, Kampung toga dengan Paralayangnya.

Baca Juga  PT ASKES Serahkan Ambulance

Lebih jauh Susi menyebutkan, bahwa adanya ketimpang tindihan tanggungjawab pemeliharaan antara Desa Sukajaya dengan Pengelola Kampung Toga.

“Padahal dari Toga ada PAD yang diberikan untuk Desa. Dan juga di atas sana ada 9 RW yang turut menggunakan jalan ini”, jelas Susi.

Menurut, Susi jika saja jalan tersebut digunakan sepenuhnya oleh akses wisatawan yang ke Toga, jelas merupakan tanggung jawab penuh pihak pengelola.

Baca Juga  BANGSA YANG KEHILANGAN KARAKTER

Akibat infrastruktur jalan yang buruk tersebut menimbulkan dikuranginya promosi, “Malu, jika ada wisatawan yang datang kondisinya masih demikian”, lanjutnya.

Lebaran tahun lalu lebih dari 2.000 orang mengunjungi Kampung Toga. Saat ini Toga memiliki 40 Karyawan, dan 30 diantaranya berasal dari penduduk sekitar.

Susi berharap adanya perhatian yang serius dari Pemerintah Sumedang, mengingat Toga sudah dikenal oleh Mancanegara, bahkan menurut pengakuan Wakil Bupati Sumedang, Taufiq Gunawansyah saat berbincang di RRI Batam, menyebutkan yang terkenal di Sumedang ternyata, TOGA.**

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

ARSIP

Pengumuman Hasil Pasanggiri Pop Sunda Sumeks – eRKS

ARSIP

Di Cadas Pangeran Amir, Tewas Terlindas Truk

ARSIP

5 Menit Ditinggal Motor Raib, Digondol Maling

ARSIP

Ali Sadikin Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

ARSIP

Latihan Paskibra, Pake Masker

ARSIP

Di Jamin Tak Mengganggu Sumber Mata Air, Penebangan Kayu Di Sukajadi Dilanjutkan

ARSIP

40 Rumah untuk Korban Tanah Amblas Mubazir

ARSIP

2 Tahun Menanti Bantuan