Home / DAERAH

Selasa, 3 April 2012 - 09:58 WIB

Bebeluk Serang Situraja, Omzet Padi Menurun



Eme (kemeja putih) bersama keluarganya tengah makan siang, Jumat (30/03). Ia mengaku merugi akibat adanya penyakit bebeluk yang menyerang padi siap panen.

SITURAJA – Keluarga Eme, warga RT 02, RW 02, Dusun Cikopo, Desa Jatimekar, Kecamatan Situraja, mengaku musim panen kali ini merugi, pasalnya dari luas sawah 120 bata hanya mampu menghasil gabah kering basah 4 kuintal.
“Hampir semua petani di Situraja sekarang merugi, saya saja biasanya panen dari 120 bata itu dapat 9,5 kuintal, sekarang hanya 4 kuintal,” ujar Eme ditemui Sumeks di sawahnya di Blok Narwi, Kampung Sawahmenak, Desa Cijati, Kecamatan Situraja, Jumat (30/03).
Menurutnya, penurunan kuantitas gabah tersebut akibat banyak bulir padi yang hampa terkena penyakit bebeluk. Penyakit tersebut dari pengalamannya kerap merugikan petani jika panen pada musim penghujan.
“Penyakitnya menyerang ke ujung padi hingga berubah menjadi warna ke kuning-kuningan dan ada seperti serbuk putih, selain itu bulir padinya nantinya jadi hapa (tidak berisi),” lanjutnya.
Hal yang sama juga di alami para petani di lokasi tersebut, seperti dikatakan Jaenudin, Mimin dan Iday, akibat padinya diserang penyakit bebeluk, kuantitas hasil padi kering basah mereka pun menurun drastis. Padahal menurut Jaenudin, mereka sangat mengharapkan pendapatan lebih dari hasil taninya.
“Tadinya lumayan kalau panen sampai mucekil, eh malah terserang hama bebeluk,” ujarnya polos.(ign)

Baca Juga  Iwan, Olah Limbah Jadi Handycraft
Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

DAERAH

Sekda : PNS Jangan Mau Dimanfaatkan

DAERAH

Doni: OTD Jatigede Tak Seharusnya Menderita

DAERAH

Usulan Status Jalan, Ditolak Provinsi

DAERAH

Bagong seruduk siswa PAUD

DAERAH

Tiga Panitia Pilkades Linggajaya Mundur

DAERAH

Longsor Hariang, sebuah pohon besar tumbang tutup Jalan Hariang

DAERAH

KM 3 Situraja-Pamulihan, Rawan Longsor

DAERAH

Linmas Siap Amankan Pilkada Sumedang