Home / SUMEDANG

Selasa, 17 April 2012 - 20:27 WIB

PJI Jabar Sesalkan Sikap Polres Sumedang



KOTA– Terkait dipolisikannya, Harian Pagi Sumedang Ekspres, Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Jawa Barat, melalui ketuanya, Iwa Ahmad Sugriwa, menyesalkan tindakan jajaran Polres Sumedang, yang ia pandang sudah bersikap sewenang-wenang terhadap crew Sumedang Ekspres.

“PJI Jabar sangat menyesalkan tindakan jajaran Polres Sumedang yang bertindak sewenang-wenang terhadap kru Sumeks seolah-olah mengintimidasi atau menteror wartawan yang bersangkutan,” ujar Iwa kepada sumedangonline, Selasa (17/4).

Menurutnya, kemerdekaan pers dan wartawan telah dilindungi oleh undang-undang dalam menjalankan setiap tugasnya, seperti tertuang dalam UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers. “Sehingga penerapan KUHP dalam delik Pers tidak berlaku, PJI Jabar juga menyarankan agar seluruh jajaran Polri menjalankan MOU yang dihasilkan antara Dewan Pers dan Polri. Sudah banyak contoh di daerah mana pun kasus delik pers di Indonesia ini selalu dimenangkan oleh Pers, Merdeka!” ujarnya diawali dengan pekik Merdeka.

Baca Juga  Rekontruksi pembunuhan Opik, polisi sterilkan lokasi

Jika permasalahan itu tidak selesai, pihaknya pun akan melakukan aksi solidaritas ke Polda Jabar.

Sementara itu hal serupa juga dikatakan Asep Sumaryana anggota DPRD Kabupaten Sumedang, dalam pesan singkatnya, Asep menuturkan turut prihatin atas kejadian itu.

“Saya tidak punya kapasita mencampuri persoalan antara Polres Sumedang dengan Sumedang Ekspres, saya prihatin. Media pers dalam negara demokrasi merupakan kekuatan ke empat setelah yudikatif, legislatif, eksekutif. Dan kekuatan ke-empat ini memiliki fungsi berbeda-beda tapi setara dan seharusnya meningkatkan peran fungsi masing-masing dalam merekontruksi demokrasi yang ada di Sumedang,” ujarnya.

Baca Juga  Selama PSBB, Camat Tanjungmedar Sumedang: Tak Ada yang Terpapar Corona

Salah satu fungsi pers menurut Asep, adalah melakukan kontrol dan bahkan menurutnya, hasil investigasi wartawan bisa jadi bahan penegakan hukum, khususnya terkait dengan pemberantasan korupsi.

“Saya berharap persoalannya segera selesai dan ke depan media Pers Sumedang termasuk di dalamnya Sumeks, dengan roh jurnalismenya mampu membangun Sumedang lebih baik, bersih, terbuka dan tanpa cela,” pungkasnya.

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

SUMEDANG

BPMPP Sumedang Terima Penghargaan Investment Award 2014

Pilihan Redaksi

34 SLTA ikuti LCC Kepemiluan dan Demokrasi

Pilihan Redaksi

FPI Darmaraja Galang Dana untuk Korban Tsunami Selat Sunda

SUMEDANG

Di Perkebunan Cadas Jami Ditemukan Tengkorak Mr X
Kapolres Sumedang, AKBP Eko Prasetyo Robyanto dan jajarannya menggelar konferensi pers, Rabu 25 Agustus 2021 kemarin.

Pilihan Redaksi

Satuan Reskrim Polres Sumedang Ciduk Pengedar Upal yang Beraksi di Cibugel

Pilihan Redaksi

Bupati Ajak Warga Sumedang Sukseskan Sensus Penduduk Tahun 2020
Kabid Hubungan Industrial pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang, Empung Purwasih saat ditemui SUMEDANGONLINE di ruang kerjanya, Kamis 8 Oktober 2020.

SUMEDANG

Selama Aksi Buruh, Produktivitas Industri Tetap Berjalan

Pilihan Redaksi

Jelang Pemilu 2019, Polda Jabar Berikan Bantuan