Home / DAERAH

Jumat, 11 Mei 2012 - 08:35 WIB

Don: Inspirasi Gotong Royong dari Urang Sunda



Ketua UPK Kec. Darmaraja, mendapat penghargaan dari Bupati Sumedang

JATINUNGGAL – Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) IX dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-40 tingkat Kabupaten Sumedang, yang dipusatkan di Lapang Desa Cipeundeuy, Kamis (10/5). Berlangsung meriah, kegiatan diisi dengan pameran produk-produk lokal dari masing-masing kecamatan di Kabupaten Sumedang.
Dikesempatan itu Bupati Sumedang, Don Murdono, menekankan pentingnya meningkatkan nilai gotong-royong yang mulai pudar terutama di perkotaan. Menurut Don, pada dasarnya gotong-royong sudah melekat pada masyarakat Indonesia, apalagi di masyarakat sunda. Ia, bahkan menilai mayoritas kegotong royongan itu, justru keluar dari komunitas masyarakat tatar Pasundan.
“Ketika bung Karno merumuskan Pancasila, itu dibuat di tanah Sunda. Jadi inspirasinya itu, dari sebuah kehidupan masyarakat sunda. Ketika pancasila dilahirkan dengan lima sila, diperas lagi menjadi tri sila, kemudian eka sila adalah gotong-royong,” ujar bupati yang akan mencalonkan jadi Jabar I itu.
Sementara menurut Ketua Penggerak PKK Kabupaten Sumedang, Sri Dwi Omar Sari, disatukannya kegiatan Hari Kesatuan Gerak PKK dengan BBGRM, karena sesuai dengan petunjuk teknis tingkat Nasional.”Kenapa karena memang intinya sama, ruhnya sama. Karena kan ruhnya PKK juga dari kegotongroyongan, menggerakan masyarakat untuk bersama-sama sebagai mitra kerja pemerintah,” ujar Sri.(fitri)

Baca Juga  Fraksi Golkar Anggarkan Bantuan untuk Ranggon
Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

DAERAH

UN, Siswa GU Malah Tabrakan

DAERAH

Truk pengangkut udang terjun di Cae

DAERAH

Tutup Tahun, Colt Bak Terjun ke Kolam

DAERAH

WARGA PASAR WADO HARAP BANTUAN

DAERAH

Warga Situraja Kecewa Ditariknya KTP Ke Kabupaten

DAERAH

Ini dia, euforia Konferwil PWNU Jabar

DAERAH

Darmaraja Siap Gelar Seni Budaya Bersama Sunda-Bali

DAERAH

Warga Linggajaya Datangi Kades