Home / SUMEDANG

Rabu, 6 Juni 2012 - 21:49 WIB

Akan Dibentuk Forum Komunikasi Penyelesaian Masalah Geothermal



Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Barat akan membentuk Forum Komunikasi Penyelesaian Masalah Geothermal di Sumedang. Forum tersebut nantinya melibatkan seluruh pihak terkait

Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Barat akan membentuk Forum Komunikasi Penyelesaian Masalah Geothermal di Sumedang. Forum tersebut nantinya melibatkan seluruh pihak terkait

ESDM – Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Barat akan membentuk Forum Komunikasi Penyelesaian Masalah Geothermal di Sumedang. Forum tersebut nantinya melibatkan seluruh pihak terkait. Dalam rapat yang dihadiri unsur DPRD dan Bappeda Kabupaten Sumedang, Rabu (6/6), di ruang rapat Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat, kegiatan tersebut bertujuan untuk lebih foukus dalam menyelesaikan persoalan di lapangan serta mengsinergiskan peran dari pemkab Sumedang, Pemprov Jabar dan Kementerian ESDM dan pihak PT Wika Jabar Power.

“Semua pihak menyambut baik inisiasi dari Dinas ESDM Provinsi untuk membentuk forum ini, karena memang selama ini hasil pertemuan dan mediasi yang diselenggarakan oleh pihak eksekutif maupun DPRD tidak terdokumentasikan dengan baik. Output nya pun tidak jelas. Maka, forum ini akan membuat progres penyelesesaian semakin jelas dan konkret,” ujar Ermi Triaji anggota Komisi D DPRD Sumedang yang hadir dalam pertemuan tersebut pada Sumedangonline, Rabu (6/6).

Baca Juga  Baznas Sumedang bantu 4 anak yatim yang ditinggal ibunya ...

“Yang akan menjadi pokok bahasan forum ini nantinya meliputi aspek regulasi, aspek teknis dan aspek kemasyarakatan,” lanjut kader F-PKS dari Dapil V itu.
Ia menyebutkan, agenda pembahasannya meliputi kompilasi data dan informasi, perumusan pokok-pokok masalah, rencana alternatif solusi dan pembahasan akhir solusi. “Cuma sayang dalam pertemuan tadi belum menyepakati siapa sebenarnya yang akan membentuk forum ini, apakah Pemkab Sumedang, Pemprov atau kementerian. Nanti akan dikaji dan dikonsultasikan degan biro hukum provinsi dan dirjen panas bumi di kementerian oleh Dinas ESDM prov,” imbuh Ermi.
Mesi demikian, Ermi yakin Forum tersebut akan cenderung dibentuk di tingkat kabupaten, karena permasalahan yang terjadi di level kabupaten, sementara Pemprov dan Kementerian ESDM kemungkinan menurut Ermi, hanya sebagai narasumber. Selain itu, lanjutnya, secara hirarkis, output dari forum ini merupakan rekomendasi-rekomendasi yang akan diserahkan ke Pemprov, dan atau Kementerian sebagai dasar pertimbangan dalam meneruskn atau meninjau ulang izin eksplorasi di Tampomas. “Tapi yang jelas, DPRD Sumedang sepakat degan adanya forum ini, karena ini wujud konkret dari akomodasi aspirasi yang berkembang di masyarakat selama ini. Forum ini harus legal dan output yang dihasilkan mempunyai kekuatan yang cukup untuk dipertimbangkan dalam langkah-langkah ke depannya,” tambah Ermi.

Baca Juga  Kecewa, Pelayanan KTP ditarik ke Kabupaten

Ermi akan mendorong, sikap Pemkab agar lebih meningkatkan perannya dalam menyelesaikan terkait permasalahan geothermal ini. ”Karena Pemkab Sumedang juga turut andil merekomendasikan eksplorasi geothermal ini. Saya kira pembentukan forum ini harus juga didukung oleh Pemkab dan DPRD Sumedang,” lanjutnya.

Hasil rapat tersebut dikatakan Ermi, akan segera dibicarakan dengan pimpinan DPRD termasuk Pimpinan Komisi D. Ermi sekali lagi menekankan Pemkab Sumedang harus lebih berperan. ”Tidak bisa lagi semuanya ditimpakan ke Pemprov saja dengan alasan yang memberikan izin usaha penambangan (IUP) ini adalah Gubernur. Faktanya, ‘kekisruhan’ ini terjadi di Sumedang, maka Pemkab harus pro aktif menyelesaikan ini termasuk nantinya jika ada konsekuensi anggaran yang harus disediakan Pemkab. Karena Pemkab pun nantinya punya kepentingan degan lancar atau tidaknya kegiatan pengusahaan panas bumi di tampomas ini,” pungkasnya.(ET)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

SUMEDANG

Azwar Berharap Kemenpan-RB Dipertahankan

SUMEDANG

AMK, Hari Ini Temui Bupati Sumedang

Pilihan Redaksi

Disegel KPK, Pelayanan Dinas PUPR Sumedang Berjalan Normal
Di tengah pandemi Coronavirus Disease (Covid-19), Komunitas Gusdurian Kabupaten Sumedang turut membantu warga yang kesulitan memenuhi kebutuhan hidup. Untuk tahap awal dikatakan Aris Hidayatullahm, Gusdurian membagikan 100 paket sembako untuk masyarakat Sumedang yang terdampak virus Corona.

Pilihan Redaksi

Gusdurian Sumedang Bagikan 100 Paket Sembako untuk Warga Terdampak Corona

Pilihan Redaksi

Pindah Domisili Tanpa Surat Pengantar RT, Sudah Berlaku di Sumedang?
Salahseorang pegawai Plaza Asia Sumedang saat dilakukan swab tes oleh petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang. Kamis, 16 Juli 2020.

Pilihan Redaksi

Ada yang Terkonfirmasi Covid-19, Aktifitas Asia Plaza Sumedang Dihentikan Sementara

Pilihan Redaksi

Putra Sumedang Ini Paparkan Pengelolaan Sampah di Kemenhan RI

SUMEDANG

Usia ke-9 Tahun, Forkowas Tetap Solid Utamakan Silaturahmi