Eldie: Akibat Kurang Koordinasi, Bendung Rengrang Terhambat

Menteri PU dan Eldie Suwandi saat peletakan batu pertama tol Cisumdawu.

KOTA– Pembangunan bendung Rengrang di Kecamatan Paseh akan segera terwujud. Kepastian itu dikatakan anggota Komisi V DPR-RI dari Fraksi Golongan Karya (Golkar), Eldie Suwandi.

“Bendung tersebut teramat bermanfaat, khususnya bagi para petani yang ada di Kecamatan Paseh, Ujungjaya, Conggeang dan sekitarnya,” ujar Eldie.

Pembangunanan yang akan bermanfaat bari sekitar 3 ribu hektar lahan pertanian di Sumedang tersebut, menurut Eldie, anggaran Fisibility Studies (FS) telah siap dan segera direalisasikan pada tahun 2013 mendatang. Anggaran FS, dari pemerintah pusat senilai Rp 1 miliar.

Baca Juga  WARGA CINANGSI SEGERA MILIKI RUMAH

Eldi pun menyayangkan pembangunan bendung rengrang sempat tertunda cukup lama sejak tahun 2007 lalu. Akibat dari lemahnya koordinasi antara Pemerintah Kabupaten Sumedang dengan Pemerintah Pusat.

Bendung rengrang menurut Eldie, merupakan konvensasi bagi Sumedang, mengingat jika proyek waduk Jatigede usai dipastikan tak akan banyak dinikmati oleh Sumedang, karena yang lebih banyak menikmati dari pembangunan bendung Jatigede adalah wilayah Pantura. “Rencana pembangunan bendung rengrang itu, merupakan usulan dari Pemkab Sumedang yang kemudian diusulkan kembali ke pemerintah pusat melalui Komisi V DPR-RI,” tambahnya.

Baca Juga  Sepekan PPKM, Wabup Sumedang Menilai Mulai Efektif Tekan Penyebaran Covid-19

Hal senada dikatakan,  anggota Komisi A DPRD Sumedang dari daerah pilihan (Dapil) VI, H. Dede Suwarman. Ia mengatakan, pembangunan bendung waduk Jatigede, manfaatnya hanya akan dirasakan warga di luar Sumedang.

“Manfaat bendung rengrang cukup besar. Khususnya bagi petani penggarap sawah akan diuntungkan jika bendung itu terwujud,” kata Dede.

Wilayah tatar kaler, sebut Dede, seperti Kecamatan Paseh merupakan salahsatu lumbung padi yang ada di Sumedang. Hingga, adanya bendung itu, diharapkan taraf ekonomi masyarakat petani bisa lebih meningkat.

Baca Juga  Evaluasi Sakip di Pamulihan, Bupati Sumedang: Target yang Perjanjikan Harus Tercapai

“Yang biasanya petani hanya bisa panen dua kali dalam setahun, dipastikan dengan adanya bendung tersebut pengairan ke areal pesawahan menjadi maksimal. Tak mustahil jika nantinya petani bisa panen dalam setahun tiga kali,” harapnya.(zis)

Foto : Engkos Koswara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK