Home / KESEHATAN

Sabtu, 10 November 2012 - 00:53 WIB

Pemerintah, Siapkan Jaminan Sosial Nasional Bidang Kesehatan



Ilustrasi

KOTA – Secara Nasional menurut Kepala RSU Sumedang, Dr Hilman Taufiq, Indonesia, saat ini tengah dihadapkan pada tantangan baru meningkatnya masalah penyakit tak menular. 59 persen penyebab kematian di Indonesia menurut data kesehatan akibat penyakit tak menular tersebut.

“Penyakit tak menular itu, membutuhkan biaya pengobatan yang cukup besar. Salahsatunya stroke, kanker, diabetes, gagal ginjal dan jantung. Padahal, penyakit ini bisa dicegah dengan membiasakan pola hidup sehat,” Kata Hilman pada sejumlah wartawan, Jumat (09/11/2012).

Baca Juga  Tinjau Puskesmas Kota Kaler, Wabup Sumedang: Setiap Puskesmas Harus Bersih

Untuk menjamin kesehatan masyarakat, lanjut Hilman, pemerintah merujuk pada amanat Undang-undang nomor 40 tahun 2004, tentang Sistem Jaminan Sosial Nasioanal (SJSN), yang saat ini tengah dipersiapan pemerintah pelaksanaan SJSN di bidang kesehatan.

“Langkah itu mencakup penyiapan regulasi dan pemenuhan kebutuhan sarana prasarana sumber daya, serta sosialisasi dengan harapan terwujudnya kesehatan semesta pada tahun 2019. Artinya seluruh penduduk memperoleh jaminan kesehatan,” ungkapnya.

Baca Juga  Inilah Nomor Urut Cagub Jabar

Ia pun menyebutkan, seluruh  masyarakat akan memperoleh pelayanan kesehatan yang komprehensif, bermutu tanpa adanya kendala dalam biaya. “Selama pembangunan kesehatan, upaya promotif dan preventif harus diutamakan, selain akan menurunkan jumlah orang yang sakit juga berdampak pada efisiensi biaya kesehatan,” tambahnya.(zis)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

KESEHATAN

Gubernur Instruksikan Dinkes Lakukan Pengambilan Specimen Terhadap Kontak Erat Kasus

KESEHATAN

BPJS Kesehatan Gelontorkan 11 Triliun untuk Bayar Rumah Sakit

KESEHATAN

Karies Gigi pada Balita di Indonesia Masih Tinggi

KABAR DARI GEDUNG NEGARA

Dishubkominfo gelar PIN di Terminal Ciakar

KESEHATAN

Dinkes Sumedang Gelar Baksos Go To School

KESEHATAN

BPOM Bakal Cek Jajanan Anak di Sekolah

KESEHATAN

Komisi C ungkap bahaya “Nglem”
Salahseorang pegawai Plaza Asia Sumedang saat dilakukan swab tes oleh petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang. Kamis, 16 Juli 2020.

KESEHATAN

Sebanyak 150 Pegawai Plaza Asia Sumedang Ditest Swab