Menu

Mode Gelap

JATINANGOR · 26 Des 2012 12:04 WIB ·

Korban Banjir Belum Tersentuh Bantuan

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

Jadwal Pertandingan Perses Sumedang

ISTIMEWA JADWAL PERTANDINGAN PERSES SUMEDANG: Jadwal Pertandingan Perses Sumedang

CIMANGGUNG – Korban banjir di Desa Mangunraga, Kecamatan Cimanggung, hingga saat ini belum tersentuh bantuan pemerintah. Padahal menurut keterangan Kepala Desa (Kades) Mangunraga, Rita Rosana Podesta, di desanya tercatat 442 rumah terendam banjir di tiga dusun, yakni Cikijing, Warung Cina dan Ciparung.

Selama tiga tahun terakhir menurut  Kades Mangunraga, banjir kali ini merupakan yang terparah. Pihak desa sebutnya sudah meminta bantuan ke Dinas Sosial, Kesehatan, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, serta sejumlah perusahaan yang ada di desa tersebut. Namun, kata Kades, sampai saat ini belum ada bantuan, baik berupa obat-obatan maupun makanan.

Baca Juga  Warga Kaget Ada Uji Coba One Way

“Banjir kali ini merupakan yang terparah, bahkan rumah saya pun terendam sampai dada orang dewasa,”kata Kades Mangunraga, Rita Rosana Podesta, Selasa (25/12).

Halaman depan rumah Kades Mangunrega, masih ngeuyeumbeu.

Halaman depan rumah Kades Mangunraga, masih ngeuyeumbeu.

Diduga penyebab banjir di Mangunraga, menurut Kades, karena adanya pendangkalan sungai Cikijing, selain itu minimnya resapan air karena lahan tergerus bangunan pabrik menjadi salahsatu penyebab lain. Di Desa Mangunraga dikatakan Kades ada sekitar 24 perusahaan dengan sekala besar. “Tahun ini pihak perusahaan tidak melakukan pengerukan sungai. Ditambah kondisi Gunung Geulis yang ada di Desa Sawah Dadap, persis di atas Desa Mangunarga sudah rusak dan dibuat pemukiman. Jadi banjir tahun ini sangat menghawatirkan,” terangnya.

Baca Juga  Warga Sawah Dadap Ontrog Pt Sun Flower

Warganya berharap ada segera bantuan dan uluran tangan baik dari pemerintah maupun dari perusahaan. Karena, sudah muncul gejala-gejala penyakit akibat banjir. Diantaranya gatal, diare dan taruma.

“Yang jelas tiap tahun warga kami selalu ditimpa bencana banjir. Ini perlu perhatian pemerintah dan perusahaan. Mau sampai kapan bencana rutinan ini berakhir. Yang kami sesalkan program CSR perusahaan di daerah kami tidak berjalan. Padahal itu kewajiban perusahaan kepada warga sekitar pabrik,” tandasnya (Iman)

Foto: Iman

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Pengurus IPSI Jatinangor Dilantik, Bupati: Akan Ada Juara Pencak Silat Tingkat Nasional Asal Jatinangor

13 Juni 2021 - 18:38 WIB

Pelantikan pengurus IPSI Kecamatan yang digelar di Saung Sabusu Jatinangor Kabupaten Sumedang, Minggu 13 Juni 2021.

Ismet: Alternatifnya Jatinangor Lepas dari Sumedang, Jika 2021 KPJ Kembali Diundur

19 November 2020 - 19:48 WIB

Nandang: Wacana Kawasan Perkotaan Jatinangor Pernah Dibahas, Tak Tuntas

29 Oktober 2020 - 12:19 WIB

Dikirim Air Bersih dari Golkar, Warga Cisempur Rela Antre Sampai Malam

18 Oktober 2020 - 22:48 WIB

Warga Desa Cisempur Kecamatan Jatinangor tengah antre untuk mendapatkan air besih yang disalurkan Golkar Sumedang melalui Rumah Aspirasi Partai Golkar, Minggu 18 Oktober 2020.

Pengadaan Insinerator Ramah Lingkungan di Tiap Desa Akan Dikaji

6 Oktober 2020 - 19:58 WIB

Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan dan rombongan mengunjungi Tempat Pengelolaan Sampah di Desa Hegarmanah Kecamatan Jatinangor, Selasa 6 Oktober 2020.

Disidak Satpol PP dan DPMPTSP, Cafe Checo Siap Lengkapi Izin Usaha

5 Oktober 2020 - 23:29 WIB

Satpol PP, DPMPTSP Kabupaten Sumedang dan Forkopimcam Jatinangor saat sidak Cafe Checo yang berada di Jalan Raya Ir Soekarno Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang, Senin 5 Oktober 2020.
Trending di JATINANGOR