Menu

Mode Gelap

SUMEDANG · 24 Mar 2013 06:47 WIB ·

BPS Sumedang Siap Gelar Sensus Pertanian

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

Jadwal Pertandingan Perses Sumedang

ISTIMEWA JADWAL PERTANDINGAN PERSES SUMEDANG: Jadwal Pertandingan Perses Sumedang

KOTA- Badan Pusat Statistik (BPS) Sumedang akan kembali menggelar sensus pertanian, pada 1 hingga 31 Mei 2013, mendatang. Menurut Kasie Statistik Produksi pada BPS Sumedang, Ima Prima Sari, kegiatan sensus pertanian dalam 10 tahun dilaksanakan sebanyak 3 kali.

BPS Sumedang siap gelar sensus nasional pertanian, 2013.

BPS Sumedang siap gelar sensus nasional pertanian, 2013.

“Pelaksanaan sensus dalam 10 tahun itu biasanya ada tiga kali sensus, yakni sensus penduduk, pertanian dan ekonomi. Dan untuk sensus pertanian, biasanya itu dilakukan pada tahun yang berakhiran 3. Jadi, tahun 2013 itu merupakan sensus ke-6, selama Indonesia merdeka,” kata Ima kepada reporter SumedangOnline di kantornya.

Baca Juga  Pilih Cabup Yang Berani Bangun Pasar Wado

Sebut dia, cakupan dari sensus pertanian tersebut mencakup seluruh kegiatan yang ada kaitannya dengan pertanian. Termasuk sasarannya rumah tangga tani, usaha-usaha pertanian.

“Atau juga lembaga-lembaga lain, yang barang kali di sana itu ada usaha-usaha pertanian yang dilaksanakan lembaga tersebut,” terangnya.

Cakupan sensusnya sendiri kata Ima, meliputi 6 subsektor pertanian, yakni pertanian tanaman pangan, perkebunan, hortikultura, perikanan, peternakan, dan kehutanan.

Agar kegiatan itu dapat berjalan sukses dan lebih optimal, kata dia, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan berbagai leading sector terkait.

Baca Juga  Jabatan Kades Kian Diminati

“Karena ini merupakan program nasional, kalau sensus-sensus sebelumnya kan tak dicanangkan sebagai program nasional. Diharapkan semua komponen masyarakat bisa membantu hingga terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Untuk itu lanjut Ima, untuk petugas yang melakukan pencacahan data pihaknya akan melibatkan para petugas yang berasal dari wilayah setempat. “Agar mereka lebih mengetahui. Selain itu kita juga akan berkoordinasi dengan pemerintah, dengan harapan adanya koordinasi dan saling mendukung, petugas bersungguh-sungguh menghasilkan data dan tepat waktu. Respondennya juga dapat memberikan data yang akurat, karena ini juga ke depannya untuk mereka juga,” tandasnya. (IRP)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 10 kali

Baca Lainnya

Bupati dan Ketum Pusat Hadiri Pelantikan Koordinator Hamida Kabupaten Sumedang

29 November 2021 - 22:05 WIB

Acara pelantikan koordinator Himpunan Alumni Miftahul Huda ( HAMIDA ) Kabupaten Sumedang masa khidmat 2021 - 2026 dilaksanakan di Gedung Negara. Sabtu 27 November 2021.

Puncak Hari Jadi, Korpri Sumedang Gelar Donor Darah

29 November 2021 - 21:52 WIB

Ketua Panitia Hari Ulang Tahun ke-50 Korp Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Tingkat Kabupaten Sumedang, Dadang Sulaeman

Jadwal Pertandingan Perses Sumedang di Liga 3 Seri 1 Group A

29 November 2021 - 19:17 WIB

Jadwal Pertandingan Perses Sumedang

Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany Kini Jadi Komandan Batalyon Infantri Yonif Raider 301/PKS

26 November 2021 - 13:14 WIB

Jabatan Komandan Batalyon Infantri Raider 301/Prabu Kian Santang resmi diserahterimakan dari Letkol Inf Wahyu Alfian Arisandi ke Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany. Upacara serah terima jabatan dipimpin KASBRIG 15 Kujang/II Kodam III/Siliwangi Letkol Inf Imam Wicaksana di Lapangan Yonif Raider 301 Prabu Kian Santang Sumedang Jawa Barat. Selasa, 24 November 2021.

Imbas Pandemi Covid-19 Angka Kemiskinan Ekstrim di Kabupaten Sumedang Naik Jadi 10,26 Persen

26 November 2021 - 13:04 WIB

Mety Supriyati selaku Kepala Bidang Pemerintahan dan Sosial pada Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Sumedang menyebutkan akibat pandemi Covid-19, angka kemiskinan di Kabupaten Sumedang meningkat dari 9,05 persen menjadi 10,26 persen.

Sambil Menangis Yana ‘Cadas Pangeran’ Sampaikan Permohonan Maaf pada Masyarakat

22 November 2021 - 12:15 WIB

Yana Supriatna, saat menyampaikan permohonan maaf di Mapolres Sumedang. Senin, 22 November 2021.
Trending di SUMEDANG