Politik

Wabup Sumedang, Akan Mengundurkan Diri

Penulis: Redaksi | Editor: Redaksi

SUMEKS, KOTA – Rencana Ketua DPD Partai Golkar Sumedang, Taufiq Gunawansyah, untuk kembali mencalonkan jadi anggota DPRD Sumedang. Memaksa dirinya yang saat ini menjabat sebagai wakil Bupati Sumedang, mundur dari jabatannya.

Taufiq Gunawansyah
Taufiq Gunawansyah

Hal itu dikatakan Sekretaris Jenderal DPD Partai Golkar Sumedang, Yogie Yaman Sentosa, menurut Yogi sesuai dengan UU No 8 Tahun 2012, Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Pasal 51 ayat (1) Pada huruf (k), persyaratan Bakal calon anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota; mengundurkan diri sebagai kepala daerah, wakil kepala daerah, pegawai negeri sipil, anggota Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, direksi, komisaris, dewan pengawas dan karyawan pada badan usaha milik negara dan/atau badan usaha milik daerah atau badan lain yang anggarannya bersumber dari keuangan negara, yang dinyatakan dengan surat pengunduran diri yang tidak dapat ditarik kembali.

Rencananya, pengunduran Taufiq Gunawansyah dari jabatan sebagai wakil Bupati Sumedang, akan dilakukan sebulan sebelum pendaftaran Daftar Calon Sementara (DCS) ke KPU Sumedang. “Jadi pertengahan Maret ini Pak Taufiq akan menyerahkan surat pengunduran dirinya, karena penyerahan DCS itu kan tanggal 9 April DCS,” kata Yogie Yaman.

Baca Juga  40 Pejabat Sumedang, Studi Banding ke Bantul

Disinggung apakah itu ada kaitan dengan kekalahan pada pemilihan Bupati Sumedang, kemarin. Sebut Yogi, pengunduran diri, tak terkait dengan kekalahan, sebutnya itu murni karena Taufiq Gunawansyah akan mencalonkan diri kembali menjadi anggota DPRD Sumedang.

Sementara itu disinggung berkenaan dengan jumlah bakal calon legislative (bacaleg) yang sudah mendaftar ke Golkar hingga saat ini sebut dia, sudah ada 85 bacaleg. “Dari 85 bacaleg itu akan dikerucutkan menjadi 50 orang caleg, sekarang tengah dalam proses survey untuk melihat elektabilitas caleg itu sendiri,” ujarnya.

Sebelumnya, kata Yogi, 85 bacaleg sudah mengikuti seleksi dengan metoda wawancara yang langsung dilakukan Ketua DPD Partai Golkar Sumedang. “Setelah itu, kita akan melaksanakan psikotest di DPD Golkar Sumedang, yang bekerjasama dengan Unpad,” terangnya.

Baca Juga  Timses PATEN Sumedang Merasa Dirugikan

Disinggung untuk bacaleg provinsi, dari Sumedang, kata dia hanya dirinya yang diusung partai berlambang pohon beringin itu. “Kalau dari Sumedang hanya satu orang, saya. Tapi kan ada dari daerah lain yakni dari daerah Subang dan Majalengka. Dan proses seleksinya untuk provinsi pun tengah berlangsung, karena DCS nya kan akan diserahkan pada 11 April mendatang,” pungkasnya. (ign)

Tinggalkan Balasan