Kades Kampanye, Terancam Kena Sanksi

Ilustrasi Seragam Kepala Desa
Ilustrasi Seragam Kepala Desa

KOTA – Adanya aksi kepala desa yang memberikan dukungan pada salahsatu partai politik di Sumedang dengan turut serta kampanye terbuka. Tak dibiarkan begitu saja oleh Pengawas Pemilu Kabupaten Sumedang.

Sedikitnya ada 14 kepala desa, yang diduga melakukan kampanye, baik secara terangan-terangan atau dengan mengikuti rapat tertutup.

Baca Juga  Samsat Terlalu Premature Atasi Permasalahan Jatigede

“Semua dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh para Kades merupakan temuan Panwas, bukan laporan dari masyarakat,” kata Biro Hukum Panwas Kabupaten Sumedang, Sudaya.

Untuk mengetahui kebenaran apakah para kades tersebut terbukti melakukan pelanggaran kampanye. Pihaknya, hari ini akan membahas hal itu dengan menggelar rapat pleno dengan pihak Gakumdu.

Tercatat, seorang kades dari Kecamatan Buahdua, diduga turut serta dalam kampanye terbuka di salahsatu lapang sepakbola saat kampanye terbuka salahsatu partai. Saat bersamaan 5 kepala desa di Kecamatan Cisarua pun melakukan hal serupa, namun 5 kepala desa ini menurut informasi yang diterima, tak sampai turun ke lapangan.

Baca Juga  DSP SMAN 3 SMD 3 Juta, Kudu Lunas September

Tak hanya itu 8 kepala desa di Kecamatan Jatinunggal, melakukan rapat tertutup, Panwaslukab Sumedang tak menyebutkan lokas dimana rapat tertutup itu dilakukan.

Baca Juga  Korban Meninggal Bertambah menjadi 12 orang

“Ini baru diduga duga, kepala- kepala desa tersebut melakukan pelanggaran, belum sepenuhnya dikatakan melanggar,” tambah Sudaya.

Liputan : Ario Bimo Sutedjo – Sumedang Ekspres

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK