SUMEDANG

Nawacita Terwujud Jika Falsafah Pancasila Diaplikasikan

Penulis: Redaksi | Editor: Redaksi

SUMEDANG-Anggota DPD RI, Eni Sumarni, menyebutkan Nawacita, akan terwujud jika semua elemen bangsa mampu merevitalisasi diri dan mengaplikasikan falsafah Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
“Karena manusia Indonesia seutuhnya adalah manusia Indonesia yang mengaplikasikan Pancasila dalam kehidupannya sehari-hari,” papar Eni Sumarni saat Sosialisi Empat Dasar Nilai-nilai Konsesus Nasional di Gedung Negara Sumedang, Sabtu (22/8/2015).
Eni memaparkan, apabila sila pertama di jalankan, maka kata dia, secara otomatis akan mengaplikasikan sila ke-dua-nya. “Demikian pula, apabila sila ke-1 dan ke-2 sudah teraplikasi dalam kehidupan keseharian Bangsa Indonesia, maka sila ke-3 pun akan teraplikasikan. Karena orang yang mentaati tuntutan agamanya maka akan tertanam jiwa kemanusiaan demikian pula rasa ingin menjaga persatuan dan kesatuan akan mampu bertindak arif bijaksana dengan bermusyawarah apabila memutuskan suatu masalah,” terangnya.
Sementara Dr Atma, dalam kesempatan tersebut lebih banyak mengupas kaitan dasar hokum pentingnya memasyarakatkan konsesus nasional yang menjadi kewenangan MPR. Ia juga mengupas dari sudut pandang ketatanegaraan Republik Indonesia.***Fitriyani***

Tinggalkan Balasan