Home / DAERAH / Pilihan Redaksi

Rabu, 28 Oktober 2015 - 11:16 WIB

Ki Wangsa : tidak mau situs Cipeueut dipindahkan



BUDAYAWAN Sumedang dan tokoh adat masyarakat Cipaku, Wawan Dharmawan Ider Alam atau kerap disapa dengan nama Ki Wangsa, mengharapkan agar pemerintah dapat mempertahankan situs Kabuyutan Cipaku, tidak ditenggelamkan atau bahkan dipindahkan.
“Ini ada semacam ada gerakan moral gerakan moral untuk mempertahankan situs. Jadi tetap kami, sebagai seuweu siwi tidak menghendaki situs ini digenang atau ditenggelamkan atau dipindahkan. Kami memohon pada pemerintah dengan berbagai cara, supaya diselamatkan. Karena, merupakan symbol akar sejarah peradaban Sumedang,” kata Ki Wangsa saat menghadiri ritual Muharaman yang digelar di Makam Ratu Inten Dewi Nawang Wulan, Selasa, 27 Oktober 2015.
Seperti diketahui situs cagar budaya di kawasan bakal Bendungan Jatigede di dalamnya terdapat situs Kerajaan Tembong Agung (258 Mdpl) yang merupakan cikal bakal Kerajaan Sumedang Larang pada Abad 7 M.
Dikawasan tersebut terdapat situs Sanghyang Resi Agung Bimaraksa / Aki Balangantrang / Ayah dari Prabu Guru Adji Putih (252 Mdpl), Prabu Guru Adji Putih / Raja Tembong Agung (250 Mdpl), Ratu Inten Dewi Nawangwulan/Istri dari Prabu Guru Adji Putih (257 Mdpl), Prabu Lembu Agung / Raja Sumedang Larang II (258 Mdpl) dan kerabat pendiri kerajaan Tembong Agung lainnya yang tersebar di kawasan bakal bendungan tersebut.
Padahal tiga situs-situs tersebut sangat dikeramatkan oleh masyarakat Sumedang dan masyarakat Sunda pada umumnya. Karena merupakan bagian dari peradaban budaya Sunda. “Jika ini dihilangkan (ditenggelamkan), berarti adanya penghancuran akar sejarah,” ungkapnya. ***
Reporter : Fitriyani

Baca Juga  Pelajar SLTA, Yu Ikuti Cerdas Cermat Kepemiluan dan Demokrasi
Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Sebuah rumah di Kebonbuah terbakar, kerugian ratusan juta

Pilihan Redaksi

171 Satker KPU ikuti Bimtek desain Surat Suara

Pilihan Redaksi

Bus Damri Terbakar, Ini Penjelasan Supir

Pilihan Redaksi

Pilgub Jabar Lebih Kompleks Dibanding Pilpres Korsel

JATINANGOR

Ara Gelar Lomba Desa di Kecamatan Jatinangor

Nasional

Banjir Kahatex, pengendara disarankan menggunakan jalur Simpang
Perangkat Desa Ciawitali, BPD, Babinsa, Bhabinkamtimbas saat melakukan invetarisir patok-patok yang diakui oleh Desa Sanca, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu.

Pilihan Redaksi

Patok Batas Sumedang Diklaim Milik Indramayu, Kades Ciawitali Minta Bupati Turun Tangan

Pilihan Redaksi

Wow, Kontingen Paralayang Sumedang Boyong 3 Emas