Menu

Mode Gelap

Kearifan Lokal · 26 Sep 2016 23:37 WIB ·

Ketika Raden Jamu Belum Sawawa

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

Catatan Kang Aam Permana S
Ketika Raden Jamu atau Adipati Surianagara III  belum sawawa atau belum cukup umur jadi Bupati Sumedang, suksesi di Sumedang tidak berjalan mulus.  Saat itu banyak intrik yang muncul, dan Sumedang pun kemudian harus dipimpin Bupati yang bukan  “darah biru”  yakni keturunan langsung dari  Bupati Sumedang bernama Raden Surianagara yang memimpin Sumedang dari 1761 hingga 1765.
Berdasar catatan yang ada, sepeninggal  Raden Surianagara II atau Bupati Sumedang ke 11,  walaupun Raden Jamu masih kecil, Sumedang tidak menghadapi “masalah”. Pasalnya, saat tu masih ada adik  kandung Raden Surianagara bernama Raden Surialaga yang kemudian menggantikan posisi kakaknya, menjadi Bupati Sumedang ke 12 dari tahun 1765 hingga 1773.
Yang jadi masalah adalah, setelah Bupati ke 12 atau disebut Dalem Panungtung dari keturunan Pangeran Santri meninggal dunia. Siapa yang mengganti? Saat itu, Raden Jamu masih berumur 11 tahun. Di pihak lain, putra Raden Surialaga pun, yang sulung, yakni Raden Ema masih berusia 9 tahun sehingga tidak bisa menggantikan sang ayah.
Berdasar catatatan sejarah, sambil menunggu keturunan Pangeran Santri sawawa, Sumedang selama tiga periode dipimpin oleh Bupati yang dinamakan Bupati Panyelang dari Parakanmuncang selama tiga periode,  dan  diangkat VOC.  Mula-mula, yang diangkat jadi Bupati Panyelang tersebut adalah Adipati Tanubaya, kemudian menantunya, Tumenggung Patrakusuma yang semula menjadi Bupati Parakanmuncang.

Facebook Comments Box
Baca Juga  Slogan Paslon, Bikin Bingung KPU
Artikel ini telah dibaca 5 kali

Baca Lainnya

Buka Festival Kopi Sumedang, Wabup: Bidik Ekspor ke Mancanegara

26 Oktober 2021 - 17:39 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan berharap kopi Sumedang makin terkenal bahkan bisa ekspor ke Manca Negara. Hal itu dikatakan Erwan saat membuka Festival Sumedang ke-3 di Kawasan Induk Pusat Pemerintahan Setda Sumedang. Selasa, 26 Oktober 2021.

Sumedang Gelar Pilkades Ditengah Pandemi Covid-19, Wabup Sumedang: Terapkan Protokol Kesehatan Agar Tidak Terjadi Cluster Baru

25 Oktober 2021 - 14:13 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan mengingatkan berbagai pihak untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak 2021, 27 Oktober 2021 saat Apel Kesiapan Pengamanan Tahap Pemungutan Suara pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Sumedang di Alun-Alun Sumedang. Senin, 25 Oktober 2021.

750 Personel Polisi Siap Amankan Pilkades Serentak di Kabupaten Sumedang

25 Oktober 2021 - 14:01 WIB

Dari sebanyak 1.200 personel dari Polres Sumedang, 750 diantaranya bakal dikerahkan untuk pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak (Pilkades serentak) di Kabupaten Sumedang pada 27 Oktober 2021.

Naik Singa Depok Desa Tarunajaya, Wabup Erwan Inginkan Kaulinan Barudak Jadi Event Olimpiade

21 Oktober 2021 - 17:40 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan saat menaiki singa depok dari Desa Tarunajaya, Kecamatan Darmaraja pada pagelaran Sadinten Ulin di Sagara Munjul yang menampilkan berbagai kaulinan barudak tempo dulu.

Kenalkan Kaulinan Barudak Tempo Dulu, Desa Sukamenak Gelar Sadinten Ulin di Sagara Munjul

21 Oktober 2021 - 17:12 WIB

Permainan Silat dari Desa Darmajaya, Kecamatan Darmaraja di tampilkan dalam pagelaran Sadinten Ulin di Sagara. Kamis, 21 Oktober 2021.

Manager Sepak Bola PON Jabar Bangga Timnya Lolos 6 Besar

3 Oktober 2021 - 22:14 WIB

Tim Jawa Barat lolos ke babak 6 besar Sepak bola Pon Papua setelah mengalahkan Maluku Utara dengan skor 3-1 di Stadion Mahacandra, Kota Jayapura, Minggu.
Trending di OLAHRAGA