Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 2 Okt 2016 07:05 WIB ·

400 Hektar sawah rusak berat akibat bencana alam di Sumedang

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

SUMEDANGONLINE: Meski bencana alam di Kabupaten Sumedang lebih dari sepekan. Namun sampai hari ini Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sumedang, belum mempunyai data objectif berkaitan dengan jumlah sawah yang terkena bencana tersebut. Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sumedang, Yosef Suhayat, hanya memprediksi jika jumlah kerugian akibat kejadian bencana alam itu mencapai 300 sampai 400 hektar.
“Diperkirakan di lima atau enam kecamatan itu mencapai 300 sampai 400 hektar, tapi kami belum punya data yang objektif mengenai itu. Karena betul-betul harus terukur, biar nanti kita perjuangakan untuk pengajuan, ya minimal untuk penggantian benihnya,” kata Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sumedang, Yosef Suhayat, pada reporter SumedangONLINE, Iwan Rahmat Purnama.
Namun sebut dia, ada 45 hektar yang sudah masuk dalam Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) akan mendapatkan penggantian oleh Jasakindo per-hektarnya Rp 6 juta. “Sekarang lagi kita lengkapi persyaratannya, agar supaya nanti, mudah-mudahan awal Oktober itu petani yang mengalami musibah yang masuk AUTP, bisa mendapat penggantian Rp 6 juta per-hektar,” imbuhnya.
Disinggung, daerah mana saja yang terkena imbas bencana alam tersebut. “Kalau tidak salah itu yang terluas di Kecamatan Situraja di pinggiran kali Cicapar itu kurang lebih sekitar 120 hektar. Karena adanya banjir bandang, kanan kiri Cicapar, semua habis. Kondisi pertanamanannya ada yang mau panen, baru tanam. Terus Kecamatan Sumedang Selatan, Ganeas, Tomo, di Rancakalong juga ada. Kami sedang mutahirkan, Insyaallah dalam waktu secepatnya, itu data yang objectif, saya tidak mau ada yang tertinggal. Kasihan, kalau yang mendapat musibah tidak mendapat kebagian, kami sudah melakukan pendataan dan kami sudah intruksikan kepada semua baik PPL maupun UPTB,” pungkasnya. (iwn)

Facebook Comments Box
Baca Juga  Jompo Dibantu Bhabinkamtibmas Polres Sumedang
Artikel ini telah dibaca 7 kali

Baca Lainnya

Bupati dan Ketum Pusat Hadiri Pelantikan Koordinator Hamida Kabupaten Sumedang

29 November 2021 - 22:05 WIB

Acara pelantikan koordinator Himpunan Alumni Miftahul Huda ( HAMIDA ) Kabupaten Sumedang masa khidmat 2021 - 2026 dilaksanakan di Gedung Negara. Sabtu 27 November 2021.

Puncak Hari Jadi, Korpri Sumedang Gelar Donor Darah

29 November 2021 - 21:52 WIB

Ketua Panitia Hari Ulang Tahun ke-50 Korp Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Tingkat Kabupaten Sumedang, Dadang Sulaeman

Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany Kini Jadi Komandan Batalyon Infantri Yonif Raider 301/PKS

26 November 2021 - 13:14 WIB

Jabatan Komandan Batalyon Infantri Raider 301/Prabu Kian Santang resmi diserahterimakan dari Letkol Inf Wahyu Alfian Arisandi ke Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany. Upacara serah terima jabatan dipimpin KASBRIG 15 Kujang/II Kodam III/Siliwangi Letkol Inf Imam Wicaksana di Lapangan Yonif Raider 301 Prabu Kian Santang Sumedang Jawa Barat. Selasa, 24 November 2021.

Imbas Pandemi Covid-19 Angka Kemiskinan Ekstrim di Kabupaten Sumedang Naik Jadi 10,26 Persen

26 November 2021 - 13:04 WIB

Mety Supriyati selaku Kepala Bidang Pemerintahan dan Sosial pada Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Sumedang menyebutkan akibat pandemi Covid-19, angka kemiskinan di Kabupaten Sumedang meningkat dari 9,05 persen menjadi 10,26 persen.

Sambil Menangis Yana ‘Cadas Pangeran’ Sampaikan Permohonan Maaf pada Masyarakat

22 November 2021 - 12:15 WIB

Yana Supriatna, saat menyampaikan permohonan maaf di Mapolres Sumedang. Senin, 22 November 2021.

Heboh Kebohongan Yana Cadas Pangeran, Kini Dia Terancam Tiga Tahun Bui

22 November 2021 - 11:59 WIB

Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Pol Erdi A Chaniago
Trending di SUMEDANG