Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Rabu, 24 Januari 2018 - 23:44 WIB

BPN: Ada 634.541 Bidang Tanah di Sumedang Belum Terdaftar



SUMEDANG – Kepala Kantor Pertanahan BPN Kabupaten Sumedang Yoyon Sonjaya menyebutkan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) menurut Peraturan Menteri  Agraria Tata Ruang /BPN No.12 Tahun 2017, merupakan kegiatan pendaftaran tanah untuk pertama kali yang dilakukan secara serentak bagi semua obyek pendaftaran tanah di seluruh wilayah Republik Indonesia dalam satu wilayah desa/kelurahan yang meliputi pengumpulan dan penetapan kebenaran data fisik dan data yuridis mengenai satu atau beberapa obyek Pendaftaran Tanah  untuk  keperluan pendaftarannya.

Baca Juga  Sebelum Wabah Corona, Disnakertrans Sumedang Telah Awasi TKA

”Cakupan objek PTSL adalah seluruh bidang tanah yang belum terdaftar maupun tanah terdaftar, baik tanah aset pemerintah, tanah BUMN/BUMD, tanah desa, tanah negara, tanah masyarakat hukum adat, tanah objek landreform, tanah transmigrasi serta bidang tanah lainnya,” papar Yoyon saat Sosialisasi PTSL Tahun Anggaran 2018 yang diselenggarakan oleh Badan Pertahanan Nasional (BPN) di Gedung Negara, Rabu (24/1/2018).

Lebih lanjut dia menyebutkan tahun 2017 lalu, BPN telah menyelenggarakan kegiatan PTSL dengan target 10.800 bidang yang meliputi 13 desa di Enam kecamatan di Kabupaten Sumedang. Catatan BPN sampai 2018, data di kantor BPN Kabupaten Sumedang mnunjukkan dari 849 ribu bidang tanah di itu, terdapat sebanyak 214.459 bidang tanah yang terdaftar serta 634.541 bidang merupakan tanah yang belum terdaftar.

Baca Juga  Banprov Ujug-Ujug Datang, Warga Sempat Minta Ditolak

”Kami memulai kegiatan ini dengan diawali persiapan berupa pengumpulan data calon lokasi PTSL, kemudian melaksanakan sosialisasi, perencanaan tenaga, membentuk panitia, menetapkan lokasi, kemudian melaksanakan penyuluhan,’’kata Yoyon. ***

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Sebuah rumah di Kebonbuah terbakar, kerugian ratusan juta

Pilihan Redaksi

Ini Dia Formasi CPNS yang Dibutuhkan di Sumedang, Serta Contoh Surat Lamaran

KABAR DARI GEDUNG NEGARA

Dony Ajak ASN di Sumedang Luruskan Niat Beri Pelayanan Terbaik

Pilihan Redaksi

Ada Tihang PJU Roboh, Sumedang-Bandung Macet
Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN), Surya Tjandra meminta Pemerintah Kabupaten Sumedang harus tegas dalam menegakkan aturan dalam hal pembangunan perumahan agar kejadian bencana tidak terus berulang

Pilihan Redaksi

Wamen ATR BPN Tinjau Lokasi Bencana Longsor Cimanggung, Surya: PU Akan Bangun Portal Pengendali Longsor
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk. (bank bjb) di The Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Selasa (1/9/20).

Nasional

bank bjb Harus Jadi Top of Mind Warga Jabar Soal Perbankan dan Finansial

SUMEDANG

BREAKING NEWS: Jalan Bugel Tomo Amblas, jalur alternatif padat

Pilihan Redaksi

Mr X Berhasil Nipu Bandar Kayu Tapi Motornya Malah jadi Barbuk