Menu

Mode Gelap

BISNIS · 4 Feb 2018 10:15 WIB ·

Pasar Rakyat Tanjungsari, Dongkrak Potensi UMKM

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

BU SEKBAN 20180203_235445:

SUMEDANG – Upaya mempromosikan produk hasil UMKM serta menggeliatkan potensi seni budaya yang juga mempertajam silaturahmi, sejumlah pemuda kreatif di Kec. Tanjungsari menggelar festival seni budaya dan pentas religi.

Kegiatan tersebut dikemas dalam acara pasar malam dan digelar di Alun-alun Kec. Tanjungsari.

“Ini menjadi kegiatan rutin dan penyelenngaranya para pemuda di Kecamatan Tanjungsari,” kata Camat Tanjingsari, Ida F Sobandi kepada wartawan, Minggu (4/2/2018).

Pasar rakyat tersebut, kata dia, disambut baik oleh masyarakat Tanjungsari yang juga sejumlah warga di Kec. Sukasari, Pamulihan dan Rancakalong.

“Diharapkan, pameran tersebut membuat potensi UMKM lebih menggeliat, seiring diberikannya kesempatan bagi mereka dalam promosi dan berjualan disana,” ujarnya.

Baca Juga  Olimpiade Olahraga Tradisional Warnai Diesnatalis ke-59 Unpad

Pasar malam, kata dia, sudah menjadi acara hiburan rakyat yang rutin dan dinanti-nanti warga Tanjungsari.

Salah seorang warga Kec. Tanjungsari, Fery Ardiansyah menilai tepat jika di Alun-alun rutin digelar pasar rakyat seperti itu.

Seperti diketahui, kata dia, Tanjungsari sangat minim sarana hiburan bagi masyarakat khususnya anak-anak.

“Belum ada ruang untuk hiburan bagi anak-anak disini. Sehingga, dengan pasar malam ini, warga bisa menikmati sarana hiburan dengan biaya yang cukup terjangkau,” ucapnya.

Bukan hanya itu, ujar dia menambahkan, Tanjungsari sebagai cikal bakal seniman dan budayawan yanh nuga santri yang unggul.

Baca Juga  Relawan Hasanah Kota Bekasi, Gelar Aksi Sosial Bedah Rumah

Maka, kata dia, dianggap tepat ada pagelaran festival seni budaya dan pentas religi tersebut.

Hanya saja, ucap Fery, diharapkan ide dan kreatif pemuda di Tanjungsari tersebut mendapatkan perhatian lebih dari pemda.

“Dengan didukung pemerintah kecamatan saja, kami anggap masih belum optimal. Seharusnya, kegiatan itu didukung juga dinas terkait agar bisa memotivasi para UMKM,” ujar Fery.

Kendati demikian, Alhamdulillah jika pemuda kreatif di Tanjungsari sudah bisa diberi kesempatan berkreasi di Alun-alun tersebut. ***

Facebook Comments Box
tanjungsari-dongkrak-potensi-umkm/" data-order-by="social" data-numposts="5" data-width="100%" style="display:block;">
Artikel ini telah dibaca 3 kali

Baca Lainnya

Sertipikatkan Tanah Melalui Program Sertipikasi HAT Mandiri Lintas Sektor UMKM, Pemohon Mengaku Tak Persoalkan Biaya

31 Oktober 2021 - 15:29 WIB

Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir saat memberikan sambutan saat penyerahan 500 sertipikat tanah yang dibagikan pada para pelakum UMKM di Kabupaten Sumedang, di Gedung Negara, beberapa waktu lalu.

Sumedang Gelar UMKM Milenial Sumedang Naik Kelas

28 Oktober 2021 - 03:45 WIB

Pemerintah Kabupaten Sumedang bersama Yayasan Masyarakat Indonesia Emas dan Kementerian Koperasi UKM menggelar UMKM Milenial Sumedang Naik Kelas di Ruang Tampomas IPP Sumedang. Rabu, 27 Oktober 2021

Buka Festival Kopi Sumedang, Wabup: Bidik Ekspor ke Mancanegara

26 Oktober 2021 - 17:39 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan berharap kopi Sumedang makin terkenal bahkan bisa ekspor ke Manca Negara. Hal itu dikatakan Erwan saat membuka Festival Sumedang ke-3 di Kawasan Induk Pusat Pemerintahan Setda Sumedang. Selasa, 26 Oktober 2021.

Sumedang Gelar Pilkades Ditengah Pandemi Covid-19, Wabup Sumedang: Terapkan Protokol Kesehatan Agar Tidak Terjadi Cluster Baru

25 Oktober 2021 - 14:13 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan mengingatkan berbagai pihak untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak 2021, 27 Oktober 2021 saat Apel Kesiapan Pengamanan Tahap Pemungutan Suara pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Sumedang di Alun-Alun Sumedang. Senin, 25 Oktober 2021.

750 Personel Polisi Siap Amankan Pilkades Serentak di Kabupaten Sumedang

25 Oktober 2021 - 14:01 WIB

Dari sebanyak 1.200 personel dari Polres Sumedang, 750 diantaranya bakal dikerahkan untuk pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak (Pilkades serentak) di Kabupaten Sumedang pada 27 Oktober 2021.

Naik Singa Depok Desa Tarunajaya, Wabup Erwan Inginkan Kaulinan Barudak Jadi Event Olimpiade

21 Oktober 2021 - 17:40 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan saat menaiki singa depok dari Desa Tarunajaya, Kecamatan Darmaraja pada pagelaran Sadinten Ulin di Sagara Munjul yang menampilkan berbagai kaulinan barudak tempo dulu.
Trending di Pilihan Redaksi