Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Kamis, 8 Maret 2018 - 12:26 WIB

IPDN Berikan Gelar Doktor HC ke Megawati



SUMEDANGONLINE.COM, SUMEDANG: Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) memberikan Gelar Doktor Honoris Causa (HC) bidang politik pemerintahan kepada Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri di Kampus IPDN, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, hari ini (8/3/2018).

Bagi Megawati ini merupakan gelar ke-7 yang dia sandang. Sebelumnya sudah menerima 6 Gelar Doktor Honoris Causa, yakni dari; Universitas Waseda, Tokyo, Jepang (2001), Moscow State Institute of International Relation, Rusia (2003), Korea Maritime and Ocean University, Busan, Korea Selatan (2015),  Universitas Padjadjaran (2016), Universitas Negeri Padang (2017), dan Mokpo National University, Mokpo, Korea Selatan (2017).

“IPDN memberikan gelar doktor kehormatan sebagai pengakuan kenegarawanan Ibu Megawati Soekarnoputri. Beliau sosok berpengetahuan luas mengenai politik dan pemerintahan, serta konsisten menegakkan demokrasi dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Beliau sosok yang meletakkan dasar kebijakan desentralisasi berkesinambungan untuk Indoneaia Raya,” kata Gubernur IPDN Prof. Dr. Ermaya Suradinata, SH, MH.

Baca Juga  Curhat Asosiasi Penghulu Cabang Sumedang: Angka Perceraian Tinggi dan Kendala Surat Vaksin

Disinggung alasan memberikan gelar doktor kehormatan di Hari Perempuan Internasional, dia menyebutkan karena Megawati Soekarnoputri sosok perempuan yang teguh memegang prinsip, dan tegas. Selama memimpin, seluruh jajaran kabinet gotong royong bekerja dengan tenang karena Megawati Soekarnoputri selalu tegas mengambil tanggung jawab terhadap berbagai persoalan penting

“Namun pada saat bersamaan Ibu Megawati Soekarnoputri tetap menampilkan kepemimpinan perempuan yang penuh dengan nilai-nilai kemanusiaan dan sangat respek terhadap lingkungan dan kebudayaan,” ujar Prof Ermaya.

Prof Ermaya menerangkan IPDN didirikan oleh Presiden Soekarno di Malang, Jawa Timur pada 1956. Kala itu lembaga pendidikan tinggi ini bernama Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN).

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh civitas akademika IPDN atas penghargaan yang telah diberikan. Hasto memaparkan gelar Doktor Honoris Causa dari IPDN ini adalah gelar kehormatan ketujuh yang diterima putri proklamator Bung Karno tersebut. Empat diberikan oleh universitas luar negeri, yakni Jepang, Rusia dan Korsel (2 universitas), serta tiga dari perguruan tinggi dalam negeri.

Baca Juga  Kapolsek Darmaraja Tegur Empat Warga yang Tak Pakai Masker

“Gelar kehormatan dalam bidang politik pemerintahan tersebut sebagai pengakuan atas jasa Ibu Megawati Soekarnoputri yang mampu menjalankan politik pemerintahan yang demokratis, stabil dan efektif di dalam menjalankan agenda reformasi, termasuk mengatasi berbagai krisis multidimensional saat itu,” kata Hasto.

“Saat menjabat sebagai presiden, Ibu Megawati juga adalah inisiator yang mendirikan lembaga KPK. Di masa Ibu Megawati jugalah demokrasi yang sebenar-benarnya terjadi dengan penyelenggaraan Pemilu Presiden one man one vote,” jelas Hasto. *** RLS

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Dony Berharap Kuda Renggong Go Internasional

FEATURE & OPINI

Bangun Peradaban, Perempuan Harus Aktif di Ruang Publik
Ketua KPID Jabar, Dedeh Fardiah

Pilihan Redaksi

KPID Jabar akan pantau pemutaran film G 30 S PKI
Aktivitas warga yang lalu lalang dalam rangka ngabuburit terpantau Minggu, 26 April 2020 pukul 16.35 WIB di Kawasan Jalan Sayang, Jatinangor.

SUMEDANG

PSBB Warga Sumedang Masih Enjoy Ngabuburit
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat (Jabar) yang juga Gubernur Jabar Ridwan Kamil menggelar jumpa pers di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (27/8/20).

Nasional

Jumat, Ridwan Kamil Jalani Penyuntikan Pertama Relawan Vaksin COVID-19

Pilihan Redaksi

Lesu Jualannya, Hiwapa Besok Kembali Berjualan di Jalan Tampomas
H. Idad Istidad, Ketua PC NU Kabupaten Sumedang usai acara Sosialisasi Kebijakan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) kepada Para Ulama dan Organisasi Keagamaan, Posko Gugus Tugas Pendopo IPP sumedang. Sabtu 30 Mei 2020.

Pilihan Redaksi

NU Sumedang: Salat Jumat Diperbolehkan dengan Catatan Ikuti Protokol Kesehatan
Sejumlah petugas gabungan melaksanakan Ops Yustisi dalam rangka AKB guna mengantisipasi penyebaran covid-19 di wilayah Hukum Polsek Cibugel Polres Sumedang, Selasa 3 Maret 2021.

SUMEDANG

Selain Dikenakan Sanksi, Pelanggar Prokes di Cibugel Diberi Juga Edukasi