Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 15 Mei 2018 01:17 WIB ·

LSM Akan Laporkan Dugaan Korupsi di Jatigede ke KPK

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

SUMEDANG – Orang terkena dampak (OTD) pembangunan waduk Jatigede berencana akan melakukan aksi unjukrasa ke kantor Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung di Jalan Pemuda Kota Cirebon.

Pernyataan sikap itu disampaikan Direktur LSM Instan Ifan Yudhi Wibowo dalam siaran pers diterima redaksi Selasa (15/5/2018) malam. Dikatakan Ifan, salahsatu alasan kenapa mereka melakukan aksi kembali, hal itu dilakukan terkait persoalan masalah akibat pembangunan Waduk Jatigede Sumedang yang hingga kini belum selesai.

”Adanya ketimpangan pembangunan fisik yang sampai kini terus berlanjut dan menghabiskan dana ratusan milliard. Ini merupakan sisi buruk pemerintah, terkait pemnangunan waduk Jatigede yang dirasa tidak memenuhi azas dan tujuan pembangunan untuk kepentingan umum yang tidak berkeadilan,” kata Ifan.

Lanjutnya, masalah warga OTD hingga saat ini belum juga diselesaikan sementara pembangunan fisik terus berlanjut. Dia menyontohkan pembangunan jalan lingkar Jatigede dan pemagaran tanah yang telah dibebaskan terus berlanjut. ”Sememtara masalah warga tak kunjung diselesaikan, kami akan unjuk rasa dengan masa ribuan ke Kantor BBWS yang ada di Cirebon,” tandasnya.

Baca Juga  Stock Darah di PMI Sumedang Kurang, Asa Medika dan Kartar Pasanggrahan Baru Lakukan Donor

Selain itu Ifan pun akan membongkar kasus dugaan korupsi mega proyek pembangunan waduk Jatigede yang menelan biaya hingga Rp 6,7 triliun. ”Dan unjuk rasa ini adalah bagian awal dari program kerja OTD bongkar yang akan menyambangi berbagai intansi. Dan selain persoalan Jatigede kita juga akan menyambangi kantor KPK di Jalan Rasuna Said Jakarta terkait dengan kehadiran KPK ke Kabupaten Sumedang beberapa waktu lalu. Kita akan membantu KPK untuk mengangkat berbagai dugaan korupsi di Kabupaten Sumedang. Kita akan membantu KPK dengan informasi dan data yang akurat terkait dugaan korupsi tersebut,” jelasnya.

Baca Juga  OKL, Polres Sumedang Siapkan 734 Personel

Salahsatu poin yang akan dilaporkan tersebut, yakni dugaan jual beli proyek yang dilakukan oknum dengan para pengusaha yang disebutnya telah terjadi secara sistemik di Kabupaten Sumedang. “Kita akan berikan informasi dan bukti awal agar KPK segara melakukan penyelidikan terhadap dugaan korupsi yang terjadi di KabupatenSumedang,” sebut Ifan yang juga menjadi Ketua Umum Warga OTD Jatigede itu.

“Kita akan ke KPK bersama LSM lainnya untuk segera mengembangkan dugaan korupsi di Kabupaten Sumedang. Saya punya bukti awal yang jelas, kita tahu mata rantai dugaan korupsi tersebut berikut siapa siapa yang turut bermain didalamnya. Termasuk siapa saja pengusahanya,” pungkasnya. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Bupati dan Ketum Pusat Hadiri Pelantikan Koordinator Hamida Kabupaten Sumedang

29 November 2021 - 22:05 WIB

Acara pelantikan koordinator Himpunan Alumni Miftahul Huda ( HAMIDA ) Kabupaten Sumedang masa khidmat 2021 - 2026 dilaksanakan di Gedung Negara. Sabtu 27 November 2021.

Puncak Hari Jadi, Korpri Sumedang Gelar Donor Darah

29 November 2021 - 21:52 WIB

Ketua Panitia Hari Ulang Tahun ke-50 Korp Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Tingkat Kabupaten Sumedang, Dadang Sulaeman

Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany Kini Jadi Komandan Batalyon Infantri Yonif Raider 301/PKS

26 November 2021 - 13:14 WIB

Jabatan Komandan Batalyon Infantri Raider 301/Prabu Kian Santang resmi diserahterimakan dari Letkol Inf Wahyu Alfian Arisandi ke Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany. Upacara serah terima jabatan dipimpin KASBRIG 15 Kujang/II Kodam III/Siliwangi Letkol Inf Imam Wicaksana di Lapangan Yonif Raider 301 Prabu Kian Santang Sumedang Jawa Barat. Selasa, 24 November 2021.

Imbas Pandemi Covid-19 Angka Kemiskinan Ekstrim di Kabupaten Sumedang Naik Jadi 10,26 Persen

26 November 2021 - 13:04 WIB

Mety Supriyati selaku Kepala Bidang Pemerintahan dan Sosial pada Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Sumedang menyebutkan akibat pandemi Covid-19, angka kemiskinan di Kabupaten Sumedang meningkat dari 9,05 persen menjadi 10,26 persen.

Sambil Menangis Yana ‘Cadas Pangeran’ Sampaikan Permohonan Maaf pada Masyarakat

22 November 2021 - 12:15 WIB

Yana Supriatna, saat menyampaikan permohonan maaf di Mapolres Sumedang. Senin, 22 November 2021.

Heboh Kebohongan Yana Cadas Pangeran, Kini Dia Terancam Tiga Tahun Bui

22 November 2021 - 11:59 WIB

Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Pol Erdi A Chaniago
Trending di SUMEDANG