Home / PENDIDIKAN / Pilihan Redaksi

Senin, 11 Juni 2018 - 18:30 WIB

9th International Krakow Choir Festival. Telkom University Choir Kembali Memerdukan Nama Indonesia



SUMEDANGONLINE, Krakow, Poland: Telkom University Choir kembali menjuarai kompetisi paduan suara Internasional di 9th International Krakow Choir Festival ‘Cracovia Cantans’ di Krakow, Polandia yang diselenggarakan oleh Melody, Poland pada tanggal 7-10 Juni 2018.

 

Setelah mendapatkan 2 gelar juara pada kompetisi sebelumnya di Vienna, Austria, kali ini Telkom University Choir mendapatkan 3 gelar juara yaitu, 1st Place pada kategori Folk & Popular Music, 2nd Place pada kategori Mixed Choir dan menyandang gelar sebagai Juara Umum ke 3 dari total 32 paduan suara.

 

Sebagai satu-satunya perwakilan Indonesia dan Asia Tenggara, Telkom University Choir bertanding dengan paduan suara lain yang berasal dari 13 negara lainnya yaitu Austria, Estonia, Finlandia, Hungaria, Islandia, Israel, Kanada, Latvia, Lithuania, Norwegia, Polandia, Republik Ceko, Rusia.

 

Telkom University Choir dipercaya sebagai paduan suara pembuka pada kompetisi ini bersama dengan 5 paduan suara lainnya pada Opening Ceremony yang diselenggarakan di Bernadine Church pada tanggal 7 Juni 2018. Pada penampilannya di konser pembukaan ini Telkom University Choir membawakan 6 karya klasik dan sakra dari berbagai macam zaman.

Baca Juga  Persiapan Pelantikan Pengurus Baru, PWI Sumedang Audensi dengan Bupati

 

Pada kategori Folk & Popular Music (F) yang diadakan pada tanggal 8 Juni 2018 di Karlowicz Music School, Telkom University Choir membawakan 4 komposisi lagu daerah Indonesia yaitu Soleram (Riau) yang diaransemen oleh composer Spanyol yaitu Josu Elberdin, Benggong (Manggarai) yang diaransemen oleh Ken Steven serta Kaulinan Budak (Sunda) dan Yamko Rambe Yamko (Papua) yang diaransemen oleh Agustinus Bambang Jusana. Di kategori lainnya yaitu kategori Mixed Choirs (A) membawakan karya-karya komposer dunia yaitu Kalejs Kala Debesis karya Selga Mence (Latvia), Abendlied karya Josef Gabriel Rheinberger (Jerman), Fajar dan Senja karya Ken Steven (Indonesia) dan Gaur Akelarre karya Josu Elberdin (Spanyol).

Baca Juga  Begal Lumpuri Muka Tukang Bakso, Uang Rp 500 Ribu Raib

 

Pada kompetisi ini Telkom University Choir mendapat banyak sekali dukungan salah satu nya dari Kedutaan Besar Repulik Indonesia (KBRI) untuk Republik Ceko. Telkom University Choir berkunjung ke KBRI Ceko pada tanggal 6 Juni 2018 untuk mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di KBRI Republik Ceko. Upacara tersebut dihadiri oleh Duta Besar RI untuk Republik Ceko Dr. Aulia A. Rahman, SH., Msi. selaku pembina upacara. Bapak Dubes RI untuk Ceko menyampaikan dukungannya secara langsung sebelum Telkom University Choir berkompetisi di Polandia dalam acara buka bersama Bapak Dubes beserta staf KBRI Republik Ceko di Wisma Duta Praha. *** FITRI

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Nasional

Komisi V Tinjau Kesiapan Bandara Internasional Jawa Barat

Pilihan Redaksi

Sekda Baru Sumedang, Akan Lakukan Reformasi Birokrasi
Danang Hidayatullah terpilih jadi Ketua Umum PP IGI masa bakti 2021-2026.

PENDIDIKAN

Danang Terpilih Jadi Ketua Umum IGI Pusat, Ini Harapan IGI Sumedang

Pilihan Redaksi

Camat Pamulihan Launching Kartar Si Kabayan

Pilihan Redaksi

Pembangunan Infrastruktur Tompang Pertumbuhan Ekonomi

Pilihan Redaksi

Disoal Masalah Paket Disinfektan Rp2 Juta, Ini Penjelasan PMD Sumedang

Pilihan Redaksi

Keluarga Bawaslu Sumedang yang Wafat Terima Santunan Rp 36 Juta

PENDIDIKAN

Hadi Prabowo Jadi Lulusan Terbaik S2 IPDN 2019