Home / Pilihan Redaksi / Politik

Rabu, 4 Juli 2018 - 10:30 WIB

Berminat menjadi Komisioner KPU Kabupaten/Kota? Silakan Daftar ke KPU Jabar



SUMEDANGONLINE, Bandung – Dalam rangka melaksanakan ketentuan Pasal 32 ayat (3) huruf a Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2018 tentang Seleksi Anggota Komisi Pemilihan Umum Provinsi dan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota; dan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 505/PP.06-Kpt/05/KPU/VI/2018 tentang Jadwal Tahapan Pelaksanaan Seleksi Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum Provinsi dan Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota Periode Tahun 2018-2023 Tahap V, Tim Seleksi Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat membuka kesempatan bagi Warga Negara Indonesia yang memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri sebagai Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota Periode 2018- 2023.

Penerimaan pada Wilayah I : Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya dan Kota Cimahi. Wilayah II meliputi : Kabupaten Sumedang, Kabupaten Karawang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi dan Kota Cirebon. Wilayah III mencakup : Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Purwakarta, Kota Sukabumi dan Kota Depok.
Persyaratan : Warga Negara Indonesia; pada saat pendaftaran berusia paling rendah 30 (tiga puluh) tahun; setia kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945; mempunyai integritas, berkepribadian yang kuat, jujur, dan adil; memiliki pengetahuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu, ketatanegaraan, dan kepartaian; berpendidikan paling rendah SLTA atau sederajat; berdomisili di wilayah kabupaten/kota bersangkutan yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau Surat Keterangan yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat; mampu secara jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika; telah mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik paling singkat 5 (lima) tahun pada saat mendaftar sebagai calon; mengundurkan diri dari jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan/atau badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah pada saat mendaftar sebagai calon; bersedia mengundurkan diri dari kepengurusan organisasi kemasyarakatan yang berbadan hukum dan tidak berbadan hukum apabila telah terpilih menjadi Anggota KPU Kabupaten/Kota yang dibuktikan dengan Surat Pernyataan; tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih; bersedia bekerja penuh waktu, yang dibuktikan dengan surat pernyataan; bersedia tidak menduduki jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan/atau Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah selama masa keanggotaan apabila terpilih; tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama Penyelenggara Pemilu (sebagaimana diatur dalam Pasal 5 ayat (2) Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2018); tidak pernah diberhentikan tetap atas dasar putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu; dan belum pernah menjabat sebagai anggota KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota selama 2 (dua) kali masa jabatan yang sama (sebagaimana diatur dalam Pasal 5 ayat (3) Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2018).
Dokumen Persyaratan meliputi : surat pendaftaran ditandatangani di atas materai Rp. 6.000,00 (enam ribu rupiah); fotokopi Kartu Tanda Penduduk elektronik atau Surat Keterangan yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat; pas foto berwarna terbaru 6 (enam) bulan terakhir ukuran 4 x 6 cm (empat kali enam sentimeter) sebanyak 6 (enam) lembar; Daftar Riwayat Hidup yang ditandatangani di atas materai Rp. 6.000,00 (enam ribu rupiah); fotokopi ijazah pendidikan terakhir yang disahkan/dilegalisir oleh pejabat yang berwenang; makalah terstruktur yang menguraikan pengetahuan dan/atau keahlian berkaitan dengan penyelenggara pemilu, kompetensi dan integritas; Surat Pernyataan yang dibuat dan ditandatangani di atas kertas bermaterai Rp. 6.000,00 (enam ribu rupiah), yang menyatakan : (1) Setia kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945; (2) Bebas dari penyalahgunaan narkotika; (3) Tidak pernah menjadi anggota partai politik dalam jangka waktu paling singkat 5 (lima) tahun pada saat mendaftar sebagai calon; (4) Bersedia bekerja sepenuh waktu dan tidak bekerja pada profesi lainnya selama masa keanggotaan; (5) Bersedia tidak menduduki jabatan politik, jabatan di pemerintahan dan/atau badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah selama masa keanggotaan; (6) Bersedia mengundurkan diri dari kepengurusan organisasi kemasyarakatan yang berbadan hukum dan tidak berbadan hukum apabila terpilih menjadi anggota KPU Kabupaten/Kota; (7) Bersedia mengundurkan diri dari jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan/atau badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah; (8) Tidak berada dalam satu ikatan perkawinan dengan sesama Penyelenggara Pemilu; dan (9) Belum pernah menjabat selama 2 (dua) kali periode di jabatan yang sama.
Dokumen persyaratan lainnya adalah Surat Pernyataan tidak pernah menjadi anggota partai politik, dalam hal Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota belum pernah menjadi anggota partai politik; Surat keterangan dari pengurus partai politik bahwa yang bersangkutan tidak lagi menjadi anggota partai politik dalam jangka waktu 5 (lima) tahun terakhir, dalam hal Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota pernah menjadi anggota partai politik; Surat keterangan tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih yang dikeluarkan oleh pengadilan negeri; dan surat rekomendasi dari Pejabat Pembina Kepegawaian bagi Pegawai Negeri Sipil yang akan mengikuti seleksi.
Formulir kelengkapan administrasi persyaratan Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota serta informasi lebih lanjut dapat diperoleh di kantor Sekretariat Tim Seleksi Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota Periode 2018-2023, Jl. Garut No. 11 Bandung atau dapat diunduh melalui website KPU Provinsi Jawa Barat : jabar.kpu.go.id.
Seluruh dokumen persyaratan wajib dilengkapi dan dibuat dalam bentuk hardcopy sebanyak 2 (dua) rangkap, terdiri atas 1 (satu) rangkap ASLI dan 1 (satu) rangkap fotocopy, kemudian dimasukkan kedalam map, dengan ketentuan : (1) Map warna Biru, untuk pendaftaran Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota Wilayah I; (2) Map warna Merah, untuk pendaftaran Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota Wilayah II; dan (3) Map warna Hijau, untuk pendaftaran Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota Wilayah III, serta mencantumkan “nama Kabupaten/Kota” pada pojok kanan atas map.
Penyerahan dokumen pendaftaran mulai 04 Juli 2018 dan ditutup 12 Juli 2018, setiap hari kerja pada pukul 08.00-16.00 WIB atau melalui jasa pengiriman, d/a. Kantor Sekretariat Tim Seleksi Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota, Jl. Garut No. 11 Bandung.
Pendaftaran dan seleksi tidak dipungut biaya. ***

Baca Juga  Bulu Tangkis Melaju ke Final, Ini Kata Mantan Ketua KONI Sumedang
Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

PENDIDIKAN

LKP 2018 STKIP Sumedang, Scout Spensa Rebut 27 Medali

Pilihan Redaksi

Usai Pilkada, Panwaslu Sumedang Bersiap Hadapi Pileg 2019

OLAHRAGA

Menpora Tinjau Pelatnas Voli Duduk Asian Para Games 2018

Pilihan Redaksi

Ini Lima Besar Caleg DPR RI Dapil SMS Versi Indo Barometer

Politik

PKS Siap Diverifikasi Keanggotannya oleh KPU Sumedang

Pilihan Redaksi

Dana Desa Percepat Pembangunan Infrastruktur
Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan saat monitoring pelaksanaan PPKM Darurat ke wilayah desa di Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang. Rabu, 14 Juli 2021.

Pilihan Redaksi

Wabup Sumedang Minta Alokasi DD 8 Persen untuk Penanganan Covid Digunakan Sesuai Aturan
Jamal Hibatullah (kanan) dan Dadi Suryadi kontingen Kabupaten Sumedang dari Cabang Olahraga Balap Sepeda saat menunjukkan medali emas, dan perak.

Pilihan Redaksi

Jamal Kembali Raih Emas untuk Sumedang