Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Selasa, 24 Juli 2018 - 12:37 WIB

Warga Mekarjaya Sumedang Temukan Situs Benteng Batre

Warga Desa Mekarjaya saat melakukan penggalian situs Baterai.

SITUS BATARAI-2: Warga Desa Mekarjaya saat melakukan penggalian situs Baterai.


SUMEDANGONLINE, KOTA – Warga Desa Mekarjaya, Kecamatan Sumedang Utara menemukan situs yang mereka namakan Benteng Batre yang lokasinya di Blok Pangaduan Hayam. Adanya penemuan situs itu dibenarkan Cece Saepudin selaku Kasie Kesenian Disbudparpora Bidang Kebudayaan Kabupaten Sumedang.

Disebutkan dia, beberapa waktu lalu pihaknya memang telah mendapatkan laporan dari Desa Mekarjaya perihal adanya bangunan yang mirip benteng. “Maka, dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan melalui Bidang Kebudayaan dan Muskala mengadakan kunjungan ke sana dan melihat bahwa secara riil bangunan itu memang betul suatu bangunan yang mana diperkirakan menyamai dengan situs-situs yang ada di kabupaten Sumedang,” kata Cece saat dikonfirmasi Sumedang Online, siang ini (24/7/2018).

Baca Juga  Tinjau OTT, Presiden: Pecat Pejabat yang Terbukti Lakukan Pungli

Meski demikian pihaknya belum dapat memastikan apakah Situs Banteng Batre itu ada kaitannya dengan sejumlah situs serupa yang telah ada di kabupaten Sumedang seperti yang ada di Gunung Kunci, Palasari dan Gunung Gadung.

”Karena yang menentukan apakah ada kaitan itu, nanti dari BPNB (Balai Pelestarian Nilai Budaya) yang akan memberi keterangan, apakah bangunan itu betul-betul satu situs yang sangat berhubungan dengan keadaan situs-situs di kabupaten Sumedang,” ujarnya.

Baca Juga  Hujan Deras, Sempat Membuat Banjir di Dusun Cipinang Pait

Dikatakan Cece, pihaknya sudah memberikan laporan terkait hal itu pada BPNB Jawa Barat, namun hingga saat ini progresnya belum diketahui. “Kita sudah memberikan laporan, tetapi tentang pelaksanaan ke sininya belum. Apakah mereka langsung ke lokasi atau belum, kami tidak tahu jadwal,” tambahnya.

Disinggung perhatian apa untuk situs tersebut yang sudah dilaksanakan pihak Disbuparpora Kabupaten Sumedang. Cece menyebutkan pihaknya hanya baru sebatas pelaksanaan pemeliharaan dan pelestarian yang dilakukan pihak desa dan kecamatan untuk memelihara bangunan tersebut. “Kalau dari segi anggaran kita belum,”  tutupnya. *** IWAN

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Sebelum Pemilu, Ormas Garbi Bidik Ada di 30 Provinsi

PENDIDIKAN

Dihadapan Peserta Konkerkab PGRI, Kadisdik Sampaikan Program Bupati Eka

Pilihan Redaksi

Wabup Sumedang: IPPAT Harus Jadi Pemecah Masalah

SUMEDANG

Ini Cara Politisi Demokrat dan Forkopimcam Pamulihan, Antisipasi Covid-19

DAERAH

Waduh, Warga OTD Jatigede Krisis Sarana Ibadah
Bupati Sumedang, H Dony Ahmad Munir saat mengikuti Rapat Koordinasi Percepatan Vaksinasi Covid-19 di wilayah Jawa Bali melalui Video Conference bertempat di Gedung Negara. Rabu, 4 Agustus 2021.

SUMEDANG

Kebijakan Ganjil Genap, Bupati Sumedang: Beri Kesempatan pada Masyarakat untuk Beraktivitas Meski Terbatas

Pilihan Redaksi

Berhasil Ungkap Kasus Pembunuhan, Grab Berikan Apresiasi ke Polres Sumedang

FEATURE & OPINI

BUKTI HTI CINTA INDONESIA