Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Jumat, 10 Agustus 2018 - 11:25 WIB

Bansos Rastra diubah Jadi Bantuan Pangan NonTunai, Ini Alasannya



SUMEDANG ONLINE – Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial pada Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sumedang, Asep Muldansyah menyebutkan untuk tahun ini belum bisa menyalurkan social dan beras sejahtera (Rastra) lantaran terbentur pada verifikasi Basis Data Terpadu (BDT) yang belum kelar.

“Bansos rastra periode Januari sampai dengan Juli sudah disalurkan ke KPM (Keluarga Penerima Manfaat). Jadwal semula bansos Rastra sampai dengan Juni dan Juli berubah menjadi BPNT (Bantuan Pangan NonTunai). Karena Sumedang belum melaksanakan verifikasi dan validasi data BDT berdasarkan SIKS NG, maka pada bulan Juli lalu progam BPNT tidak jadi dan dilanjutkan Bansos Rastra. BPNT Insya Alloh awal tahun 2019, dengan catatan Data BDT sudah diverivali,” kata Asep Muldansyah pada Sumedang Online.

Baca Juga  Peringati Hari Jadinya ke-49, Anggota Korpri Sumedang Lakukan Ziarah Kubur ke Makam Pahlawan

Dikatakan Asep, tak hanya Sumedang saja yang menunggu anggaran perubahan tapi juga kabupaten lainnya, seperti Pangandaran dan Purwakarta. “Jadi harus valid terlebih dahulu BDT nya, jadi semua data tentang kemiskinan baik penerima Bansos Rastra, PKH, KIS, KIP ada di BDT itu diverifikasi. Karena belum diverifikasi nanti diperubahan, karena kalau tidak diverifikasi semua kabupaten kota harus BPNT. Nanti masuk rekening masyarakat untuk membeli beras sembako, beras dan telur, kuduna mah,” imbuhnya.

Baca Juga  Desa nunggak raskin, Perum Bulog: Bisa hambat penyaluran berikutnya

Dikataan dia, penerima manfaat di kabupaten Sumedang sebanyak 81.528 kepala keluarga tidak akan menerima uang tunai tapi nontunai. “Jadi si penerima manfaat akan menerima struk dari pihak bank, nanti pihak bank bekerjasama dengan penyalur dan agen dalam pembayarannya,” tambahnya. *

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

PKK Kecamatan Cisarua, Kabupaten Sumedang.

SUMEDANG

Cover Misbar Tak Dapat Bantuan, PKK Cisarua Sumedang Siapkan Gasibu

Nasional

#PRAYACEH Sejumlah gempa kecil masih terjadi, warga tidur di luar

Pilihan Redaksi

Curug Cilandak Wisata Alam Tersembunyi di Sumedang
Posko check point kewilayahan Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang. Forkopimcam bersama petugas medis turut hadir dalam rangka PSBB tersebut. Rabu 22 April 2020.

SUMEDANG

#PSBBBandungRaya Hari Pertama Pengendara Banyak yang Melanggar
Korban saat penanganan di RSUD Sumedang.

Pilihan Redaksi

Disenggol saat joget, pria ini celurit Tantan

Pilihan Redaksi

54 Calon Paskibraka Dikukuhkan Penjabat Bupati

Pilihan Redaksi

Besok, Gamelan Sarioneng Parakansalak Mentas di Aula Simfonia
Kapolres Sumedang, AKBP Eko Prasetyo Robbyanto memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 secara virtual reality di Aula Tri Brata Polres Sumedang, Selasa 1 Juni 2021.

Pilihan Redaksi

Polres Sumedang Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual Reality