Home / PENDIDIKAN / Pilihan Redaksi

Sabtu, 27 Oktober 2018 - 20:03 WIB

UPI-Sumedang Motekar Gelar Festival Musik Berkarakter Kebangsaan



[DESK] Sebanyak 17 peserta turut serta dalam Festival Seni Musik Berkarakter Kebangsaan tingkat Sekolah Dasar (SD) yang diselenggarakan Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Sumedang di Aula Tampomas Akper Sumedang, Sabtu, 27 Oktober 2018.

Ketua Pelaksana Kegiatan Dr. Julia SPd, M.Si., menyebutkan tujuan dari kegiatan tersebut sebagai rangkaian pengabdian Kampus UPI terhadap masyarakat. Kegiatan itu melibatkan para guru se Kabupaten Sumedang.

“Selanjutnya dari apa yang sudah dilatih dan juga hasil dari penelitian tersebut, kemudian ditetapkan jadi PKM, BAP,” kata Julia pada Sumedang Online selepas acara, hari ini.

Lanjutnya untuk judul tersebut diambil dari 18 karakter kebangsaan. “Dan sebagai target utamanya, agar lagu-lagu berkarakter kebangsaan ini dapat diimplementasikan melalui guru-guru yang selanjutnya dapat disampaikan kepada anak anak disekolah,”ucapnya.

Baca Juga  Disduk Sumedang - PT. Pos Indonesia, Bakal Distribusikan Administrasi Kependudukan

Sebagai outputnya, memiliki tujuan jangka menengah dan panjang, tetapi kata dia yang terpenting jangka panjangnya. “Bahwa kita harus mampu menerapkan nilai-nilai karakter kebangsaan terhadap anak-anak di sekolah, yang nantinya nilai-nilai tersebut dapat berintegrasi melalui lagu lagu yang disampaikannya,” tambahnya.

Target ke depannya, dikatakan Julia, dari kegiatan tersebut dapat menyiptakan lagu-lagu berkarakter kebangsaan. Untuk lagu yang akan digarap sebanyak 18 lagu dan music, dan kini baru dapat diselesaikan. Sembilan lainnya sudah dipatenkan, sedangkan sisanya baru akan selesai pada tahun 2019, mendatang.

Baca Juga  Sekda Hadiri Hari Jadi Padepokan Masyarakat Adat Sumedang Larang

Selain itu dia berharap dunia pendidikan ke depannya harus lebih kreatif serta mudah mengakses dalam bidang seni music yang sifat mengandung unsur karakter kebangsaan. “Kegiatan ini harus ada kerjasama atau kolaborasi yang baik dengan pihak lain, termasuk pada kegiatan pada hari ini, yang bekerjasama UPI dengan yayasan Sumedang motekar,” jelasnya.

Berharap kegiatan ini menjadi agenda tahunan, dia menargetkan untuk kegiatan serupa yang akan datang dibidik dapat digelar untuk tingkat Jawa Barat. Hal itu agar jangkauannya lebih luas. [suhaya]

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Stasiun Kereta Api Bandung

Bandung Raya

Mulai 10 Februari 2021 Pemberlakukan Gapeka, Waktu Perjalanan KA Semakin Singkat

Pilihan Redaksi

Penyuluh Agama Islam Tanjungsari Doakan Pemilu 2019 Sukses Aman dan Damai

Pilihan Redaksi

Warga Cipareuag Cimanggung Terkena Imbas Banjir Material Perumahan

BISNIS

Ini Tanggapan Komisi III DPRD Sumedang Berkait Adanya Penolakan Omnibus Law RUU Cipta Lapangan Kerja

Pilihan Redaksi

Wow, Warga Membludak Saksikan Pengambilan Nomor Undian Pilkades di Pamulihan

Pilihan Redaksi

Rumah Pak RT yang Terbakar Itu Baru Direnovasi

Pilihan Redaksi

AKBP Hartoyo, Pantau Pendistribusian Logistik Pilkada

FEATURE & OPINI

Batu Dua dan masa depan Sumedang