Hari Pahlawan, Makin Mempertebal Rasa Cinta Tanah Air

SUMEDANG – Dandim 0610 Sumedang Letkol INF Novianto Firmansyah menegaskan esensi dari peringatan Hari Pahlawan bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan dan mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara.

Hal itu dikatakannya saat upacara peringatan Hari Pahlawan tingkat Kabupaten Sumedang yang dihadiri Bupati, Kapolres, Forkopimda, unsur Ormas, LSM, veteran, anggota DPRD Sumedang, pelajar, Pol PP, dan tokoh masyarakat.

Baca Juga  Terancam ambruk rumahnya, dua warga OTD Jatigede ini diungsikan

“Peringatan hari pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna bukan sebagai prosesi namun subtansi,” ujar Dandim dalam amanatnya.

Lanjutnya dalam setiap setiap hari pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat yang baru dalam implementasi nilai nilai kepahlawanan, dalam kehidupan sehari-hari, sesuai dengan  Tema hari pahlawan Tahun 2018 “Semangat Pahlawan Kita Gabung”. Sebut Dandim hal itu, mengandung makna sesuai cintranya, dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan oleh karenanya, siapanpun dapat menjadi pahlawan.

Baca Juga  Hutang Pemkab ke PT Askes, 19M

“Setiap warga Indonesia tanpa terkecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat, bagi diri sendiri, masyarakat, bangsa dan Negara,” sambungnya.

Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir menyebutkan Hari Pahlawan merupakan peringatan hari yang bersejarah dan terus dikenang sepanjang masa. ”Dan pada hari pahlawan ini, kita dapat mengambil makna dan hikmahnya. Secara luar biasa atas perjuangan serta pengabdian para pahlawan kita terdahulu,” ujar Bupati pada Sumedang Online.

Baca Juga  Buntut Pembongkaran Ruang Kelas, Tujuh Kepala SD Dipanggil Polisi

Semangat para pahawan itu lanjutnya, harus dijadikan contoh/suritauladan bagi bangsa Indonesia, termasuk generasi penerusnya.

“Dan kita sebagai anak bangsa, harus mengutamakan atau mengedepankan kepentingan bangsa dan negara dari pada ke pentingan pribadi,” tandasnya. [suhaya]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK