Pilihan Redaksi

Dony-Erwan Komitmen Akan Perbaiki Jalan Rusak

Penulis: Redaksi | Editor: Redaksi

SUMEDANG.ONLINE — Perbaikan infrastruktrur bakal menjadi prioritas utama masa pemerintahan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, dan Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan. Komitmen itu disampaikan Dony saat jumpa pers dengan awak media di Gedung Negara, Jumat (11/1/2019).

“Untuk program yang akan difokuskan yaitu pembenahan infrastruktur jalan. Karena berdasarkan hasil monitoring dan berbagai keluhan masyarakat dan berbagai pemberitaan di media masa. Hasilnya infrastruktur jalan menduduki urutan pertama dari berbagai masalah yang beredar di kalangan masyarakat,” kata Dony Ahmad Munir.

Dikatakan Dony, pihaknya memiliki komitmen bersama seluruh aparatur Pemda akan memperbaiki infrastruktur baik yang menggunakan APBD Kabupaten Sumedang, APBD Provinsi Jawa Barat dan APBN.

“Meskipun pada umumnya, perbaikan aset jalan Alhamdulilah baru mencapai sepertiganya atau sekira 47 kilometer,” sambungnya.

Sebagai tindak lanjutnya dijelaskan Dony, untuk sementara Pemkab akan mengoptimalkan perbaikan akses jalan menuju sentral produksi, pertanian, pariwisata dan kawasan Industri masa depan Buahdua, Ujung Jaya dan Tomo.

Sedangkan ruas jalan yang akan diperbaiki itu diantaranya, Jalan Gudang menuju objek wisata di kawasan Desa Cijambu, pelebaran Jalan Citengah-Cisoka untuk menunjang kawasan pertanian, perkebunan dan pariwisata dan jalur alternatif orang Cibugel. Kemudian titik keluar di wilayah timur seperti di Kecamatan Surian, Karedok-Burujul-Sanca.

Tak hanya itu, akses jalan menuju kawasan wisata Waduk Jatigede menjadi perhatian Pemerintah dan selanjutnya akan ditindaklanjuti Dinas PUPR. Diantaranya Jalan Pasir Ringkik- Cijenjing-Lebak Siu, yang akan menunjang objek wisata, Tanjung Duriat, Kampung Buricak Burinong dan Pesona Jatigede.

“Termasuk nanti jalur Cikuda Nagerang-Genteng-Tanjungsari di wilayah Barat. Sayangnya untuk poros Sukasari-Lembang ini tidak masuk dalam daftar, lantaran rencana pembangunan jalur ini harus masuk di RKPD online 2020 (RKPD online berlaku Januari 2018). Insyaallah doakan, Pa Gubernur sudah memberikan lampu hijau, namun ada sedikit kendala dalam pelaksanaannya,” tuturnya.

Diakui dirinya, ada keterbatasan anggaran yang menjadi persoalan klasik di pemerintah Kabupaten Sumedang. Meski demikian, pihaknya tetap akan merealisasikan rencana perbaikan jalan tersebut.

“Tahun ini kita fokus infrastruktur jalan, dan saya minta Dinas PUPR dan Bappppeda ini harus jadi prioritas.berharap bisa disiapkan dana dan SDM-nya,” ujarnya.

Total panjang jalan di Kabupaten Sumedang mencapai 774 Km, dengan rincian baik, sedang dan rusak. Adapun total anggaran untuk perbaikan infrastruktur jalan ini mencapai 350 miliyar dengan rincian 30 persen dari APBD Sumedang, 50 persen APBD Provinsi dan 20 persen dari anggaran Pusat.

“Insyaallah di 5 tahun kedepan semua jalan rusak bisa diperbaiki dengan tuntas,” tandasnya. [suhaya]

Tinggalkan Balasan