Pilihan Redaksi, Politik

Langgar Netralitas ASN, Sanksi DN Diputuskan KASN

Penulis: Redaksi | Editor: Redaksi
Ade Sunarya Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran pada Bawaslu Kabupaten Sumedang
Ade Sunarya Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran pada Bawaslu Kabupaten Sumedang | FOTO: Ade Sunarya Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran pada Bawaslu Kabupaten Sumedang

SUMEDANG.ONLINE – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumedang menyebutkan DN, salah seorang ASN di lingkungan kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumedang, terbkti melanggar netralitas ASN.

Saat ini menurut Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Ade Sunary, berkas administrasi putusan itu kini sedang direkomendasikan ke Komisi ASN melalui Bawaslu Jabar. Sementara terkait sanksi apa yang akan diberikan pada DN, menurut Bawaslu Sumedang hal itu bukan merupakan kewenangannya.

“Kami tidak berwenang memutuskan terkait sanksi,” jelasnya.

Pelanggaran dilakukan DN setelah salahsatu unggahannya di media social facebook diindikasi mengandung unsur kampanye. Pihak Bawaslu sendiri telah melakukan klarifikasi terhadap KPU dan pihak terkait yakni Maman Imanulhaq.

Baca Juga  Tersinggung, Yudi bacok tukang jamu

”Ahli dari KPU Sumedang mengatakan unggahan DN di media sosial facebook ada unsur kampanye,” tegas Ade.

Selain DN, pihaknya saat ini juga tengah menelusuri dugaan pelanggaran netralitas pegawai ASN dari UPTD Peternakan dan Perikanan Tanjungsari.  Ade berharap dua kasus netralitas ASN ini tidak diikuti oleh ASN lainnya. Dan, menjadi contoh agar tidak berbuat hal serupa. (iwan)

Tinggalkan Balasan