Putra Sumedang Ini Paparkan Pengelolaan Sampah di Kemenhan RI

SUMEDANG.ONLINE — Ricky Alamsyah putra daerah Sumedang diundang Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI untuk memaparkan teknologi terkait pengelolaan sampah yang sedang dikembangkan. Ricky yang juga sebagai pendiri dari Indonesia Recycle, yakni platform pengelolaan sampah berbasis teknologi dan pemberdayaan masyarakat, diminta Kemenhan RI untuk menjelaskan rinci tentang rencana teknologi yang sedang Indonesia Recycle kembangkan.

“Kami beranggapan pengelolaan sampah Indonesia dikatakan berhasil apabila tidak ada lagi sampah yang masuk ke TPA. Namun sampah-sampah tersebut habis terurai diolah oleh masyarakat dilevel bawah,” Ujar Ricky saat diwawancarai.

Baca Juga  Di Kuningan Menpora Promosi Asian Games

Dikatakan dia, Kemenhnan RI tertarik untuk menyimak lebih jauh teknologi yang sedang dikembangkan Indonesia Recycle, yakni pengolahan sampah plastik menjadi BBM siap pakai. Tentunya jika teknologi tersebut dapat diproduksi secara massal demi kepentingan pertahanan energi negara, maka akan menjadi solusi untuk beberapa permasalahan sekaligus. Masalah tentang potensi krisis energi didaerah dan penanganan sampah yang bertanggung jawab.

Baca Juga  Komisi D: Pembebasan lahan bendung Rengrang ditarget beres 2017

Indonesia Recycle juga menawarkan teknologi lainnya untuk menangani sampah  yang bersifat pemberdayaan masyarakat.

“Kami juga menyiapkan alat-alat pengolahan sampah lainnya untuk dikelola dalam skala Desa atau RW. Yakni mesin shredder (pencacah) plastik jenis apapun, dan mesin injeksi molding untuk membentuk hasil cacahan plastik menjadi barang siap pakai,” sambungnya.

“Ada peluang bisnis yang bisa diambil oleh masyarakat dengan memanfaatkan mesin-mesin ini, seperti menjual cacahan plastik dan plastik yang sudah dibentuk ke pabrik-pabrik produsen barang-barang plastik. Dari sini saya ingin menyisipkan pemikiran ke masyarakat bahwa sampah dapat bermanfaat tergantung bagaimana kita menyikapinya. Semoga dengan adanya peluang dan manfaat yang dapat diambil masyarakat dari sampah semakin menjadikan masyarakat peduli dan bertanggung jawab terhadap sampahnya masing-masing,” tambah Ricky.(fit)

Baca Juga  Gotong Royong dengan Warga Desa Licin, Yonif Raider 301/PKS Renovasi RTLH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK