Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Jumat, 18 Januari 2019 - 17:25 WIB

Putra Sumedang Ini Paparkan Pengelolaan Sampah di Kemenhan RI



SUMEDANG.ONLINE — Ricky Alamsyah putra daerah Sumedang diundang Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI untuk memaparkan teknologi terkait pengelolaan sampah yang sedang dikembangkan. Ricky yang juga sebagai pendiri dari Indonesia Recycle, yakni platform pengelolaan sampah berbasis teknologi dan pemberdayaan masyarakat, diminta Kemenhan RI untuk menjelaskan rinci tentang rencana teknologi yang sedang Indonesia Recycle kembangkan.

“Kami beranggapan pengelolaan sampah Indonesia dikatakan berhasil apabila tidak ada lagi sampah yang masuk ke TPA. Namun sampah-sampah tersebut habis terurai diolah oleh masyarakat dilevel bawah,” Ujar Ricky saat diwawancarai.

Dikatakan dia, Kemenhnan RI tertarik untuk menyimak lebih jauh teknologi yang sedang dikembangkan Indonesia Recycle, yakni pengolahan sampah plastik menjadi BBM siap pakai. Tentunya jika teknologi tersebut dapat diproduksi secara massal demi kepentingan pertahanan energi negara, maka akan menjadi solusi untuk beberapa permasalahan sekaligus. Masalah tentang potensi krisis energi didaerah dan penanganan sampah yang bertanggung jawab.

Baca Juga  Munculnya Fenomena Kerajaan, Polres Sumedang Gelar FGD dengan Masyarakat

Indonesia Recycle juga menawarkan teknologi lainnya untuk menangani sampah  yang bersifat pemberdayaan masyarakat.

“Kami juga menyiapkan alat-alat pengolahan sampah lainnya untuk dikelola dalam skala Desa atau RW. Yakni mesin shredder (pencacah) plastik jenis apapun, dan mesin injeksi molding untuk membentuk hasil cacahan plastik menjadi barang siap pakai,” sambungnya.

Baca Juga  Pesan Terakhir Hari Mukti: Lanjutkan Dakwah

“Ada peluang bisnis yang bisa diambil oleh masyarakat dengan memanfaatkan mesin-mesin ini, seperti menjual cacahan plastik dan plastik yang sudah dibentuk ke pabrik-pabrik produsen barang-barang plastik. Dari sini saya ingin menyisipkan pemikiran ke masyarakat bahwa sampah dapat bermanfaat tergantung bagaimana kita menyikapinya. Semoga dengan adanya peluang dan manfaat yang dapat diambil masyarakat dari sampah semakin menjadikan masyarakat peduli dan bertanggung jawab terhadap sampahnya masing-masing,” tambah Ricky.(fit)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Partai Garuda Batal Jadi Peserta Pemilu di Sumedang, Ini Alasannya

Pilihan Redaksi

Diduga Jatuh dari Pohon Rambutan Pria Ini Ditemukan Wafat

PENDIDIKAN

Hari Pertama Sekolah, Siswa SD Diantar Orang Tua

SUMEDANG

Buat Akta Kelahiran, Kudu Pake Penetapan Pengadilan

Pilihan Redaksi

Warga Mengeluh Jalan Cimerengong ke Margamekar Rusak
Pemerintah Provinsi Jawa Barat launching pendistribusian bantuan tunai dan non-tunai bagi Kepala Rumah Tangga Sasaran (KTRS) yang terdampak penyebaran virus corona (Covid-19) di Kabupaten Sumedang, bertempat di Kantor Pos Cabang Sumedang, Sabtu (18/04/20).

SUMEDANG

Bantuan non-DTKS, Bupati Sumedang: Masih Divalidasi
Wakil Bupati Sumedang yang juga selaku Ketua Kwarcab Pramuka Sumedang, Erwan Setiawan melakukan Persiapan Peringatan Hari Pramuka yang ke-59 Tahun 2020 di Sekretariat Kwarcab Sumedang pada saat Penyampaian Program Kerja Tahun 2020. Kamis 6 Agustus 2020.

Pilihan Redaksi

Ketua Kwarcab Sumedang: Saat Pandemi Covid Tak Ada Jambore Pramuka

JATINANGOR

Uu: Perbanyak Wirausahawan Muda