Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Minggu, 27 Januari 2019 - 15:59 WIB

SPBS, Sebagai Daya Tarik Pasar Sandang Sumedang



SUMEDANG.ONLINE — Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum membuka Pagelaran Seni Gabungan Olahan Seni Tradisi (GOTRA) di Lantai Atas Pasar Semi Moderen (Sandang) Sumedang, Ahad, 27 Januari 2019.

Acara tersebut mengusung tema “Melalui Pagelaran Seni GOTRA, kita sukseskan Visi Sumedang Simpati dan Kita Wujudkan Sumedang Puseur Budaya Sunda.”

Dikatakan panitia, GOTRA merupakan sebuah pertunjukan karya seni yang disajikan dalam satu kesatuan garap dan di dalamnya merupakan rangkaian dari beberapa seni/karya antara lain Tarawangsa, lagu-lagu Sunda wanda anyar, angklung kreasi, calung kreasi dan seni tradisonal lainnya.

Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir, dalam sambutannya dia berterima kasih ke pihak penyelenggara GOTRA yang telah berinisiatif  untuk memprakarsai kegiatan dalam rangka menggali seni di Kabupaten Sumedang untuk mewujudkan Sumedang sebagai Puseur Budaya Sunda.

“Serta ucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang senantiasa memelihara dan mengembangkan tradisi dan budaya daerah sebagai salah satu potensi yang dimiliki serta aset penyelenggaraan pembangunan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat” ungkap Dony.

Baca Juga  Partai Garuda, Hanura dan PKPI Absen Daftar Bacaleg di KPU Sumedang

Dikatakan Dony, makna dari kegiatan tersebut selain untuk lebih mengembangkan seni budaya juga untuk menumbuhkan daya rangsang dan memacu para generasi muda dan masyarakat pada umumnya untuk memiliki sikap mandiri terutama untuk menyadari potensi lingkungan masyarakat yang ada.

“Sehingga Kewajiban kita sebagai para penerus bisa menjaga, melestarikan dan mengembangkan seni budaya yang ada di Sumedang. Mudah-mudahan dengan acara ini, seni budaya semakin berkembang. Saya juga berharap ada event-even rutin yang mewadahi seni budaya sunda di Sumedang. Insya Allah event seperti ini akan dilaksanakan setiap bulan di Kabupaten Sumedang,” ujarnya.

Bupati menambahkan kegiatan yang sengaja digelar di Pasar Sandang tersebut merupakan upaya Pemerintah untuk mengembangkan ekonomi masyarakat Sumedang.

Baca Juga  Jalin Kebersamaan di Internal Partai, PKS Sumedang Gelar Family Gathering

“Ini juga merupakan salah satu ikhtiar dari pemerintah supaya Pasar Sandang bisa maju.Salah satu magnetnya harus banyak pertunjukan di tempat ini. Dengan seni dan budaya serta pariwisata yang maju,  Insya Allah akan menggerakan roda ekonomi masyarakat Kabupaten Sumedang yang bermuara pada lapangan pekerjaan dan sejahteranya masyarakat Sumedang,” ucap Bupati.

Wakil Gubernur Uu menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini  merupakan salah satu tanggungjawab pemerintah, dalam meningkatkan perekonomian daerahnya, serta meningkatkan derajat kesehatan, dan pendidikan masyarakat.

“Untuk meningkatkan daya beli tentunya didalamnya adanya faktor ekonomi. Dan sehebat apapun program pemerintah kalau tidak menunjukan geliat ekonomi, ini tidak akan berarti yang artinya ekonomi yang meningkat menjadi salah satu keinginan masyarakat demi terwujudnya masyarakat sejahtera,” pungkasnya. (Suhaya kuya)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

SUMEDANG

Warga Cimareme bangun saluran air di bekas longsoran
Peserta Musda X DPD Partai Golkar Sumedang yang batal digelar hari ini.

Pilihan Redaksi

Perwakilan Mahkamah Partai Tak Hadir, Musda X DPD Partai Golkar Sumedang Diundur
Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumedang Hari Tri Santoso

Pilihan Redaksi

Disbudpar Sumedang Akan Gelar Vaksinasi untuk Para Pelaku Kebudayaan Tahap Pertama Dibatasi 500 Orang
Pengurus Perses Kabupaten Sumedang menolak keras adanya rencana pembangunan skatepark di kawasan Ketib, yang merupakan bagian dari area Lapang Stadion Ahmad Yani.

OLAHRAGA

Ketib Akan Dijadikan Area Skatepark, Ketua Perses Sumedang: Kami Menolak Keras

Pilihan Redaksi

Ingin jadi anggota Panwascam, ini pengumuman pendaftarannya

Pilihan Redaksi

Baru 22 Kabupaten/Kota yang Sudah Kirim Kotak Suara Pilgub

Advertorial

Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian Berikan Bantuan Senilai 5,5 Miliar untuk Petani Sumedang

Pilihan Redaksi

Tuntut sisa pembayaran Jalan Tol Cisumdawu, warga Sabagi sempat blokir jalan