Pilihan Redaksi, SUMEDANG

Terdampak Jalan Tol Cisumdawu, SDN Cijolang Bakal Direlokasi

Penulis: Redaksi | Editor: Redaksi

SUMEDANG.ONLINE — Pemerintah Kabupaten Sumedang berencana merelokasi SDN Cijolang di Desa Margaluyu, Kecamatan Tanjungsari. SD terdampak pembangnan Jalan Tol Cisumdawu itu, rencananya baru akan direlokasi pada Februari 2019, mendatang.

“Pada intinya rapat ini, dalam pembahasan pemindahan dan pembangunan sekolah Cijolang yang terkena dampak pembangunan jalan tol. Untuk itu Pemda Sumedang berencana akan memindahkan sekolah ketempat yang lebih aman,” kata Kepala Seksi Pertanahan, Perencanaan, dan Pengadaan pada Dinas Kawasan Perumahan, Permukiman, dan Pertanahan Sumedang, Agah Mustika Nugraha, Kamis, 10/1/2019.

Dikatakan dia, meski sudah ada lokasi lahan yang akan digunakan, namun lahan tersebut harus dibebaskan terlebih dahulu. Dan saat ini kata Agah pihaknya tengah melakukan pembahasan tahap pembebasan lahan.

“Walaupun lahannya sudah ada, akan tetapi harus ada kesepakatan bersama baik dari pihak sekolah, desa, kecamatan, dan dinas pendidikan,” sambungnya.

Pemda Sumedang melalui APBD telah menganggarkan untuk pembebasan lahan sebesar Rp 800 juta, sementara dari pihak tol akan mengganti rugi untuk nilai bangunan yang terdampak.

“Sebelum pelaksanaan pembangunan sekolah, dan untuk memastikan lahan/lokasinya akan disurvei dulu kelapangan,” jelasnya.

Sementara itu, aspirari dari pihak sekolah mengharapkan lokasi pembangunan / pemindahan sekolah tidak jauh dari lokasi sekolah sebelumnya. “Untuk rencana pembangunannya sekitar bulan Februari 2019,” ungkapnya. [suhaya]

Tinggalkan Balasan