Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Kamis, 25 April 2019 - 20:40 WIB

Ditanya Penambahan Tagline “Insun Madangan” pada Logo Sumedang, Ini Kata Bupati

Penandatangan Landmark Stakes Sundanese Civilazation Patok Peradaban Sunda. Kerajaan Sumedang Larang Penerus Padjajaran.

TANDATANGAN: Penandatangan Landmark Stakes Sundanese Civilazation Patok Peradaban Sunda. Kerajaan Sumedang Larang Penerus Padjajaran.


SUMEDANG.ONLINE – Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir akan mengkaji penambahan tagline pada logo Sumedang, dimana saat ini hanya Insun Medal. Kemungkinan kedepannya bisa ditambahkan dengan Insun Madangan.

Hal itu menjawab pertanyaan wartawan usai dirinya turut serta memandikan monument lingga yang berada persis di tengah Alun-Alun Sumedang.

“Itu akan jadi bahan pertimbangan untuk dikaji. Insun Medal Insun Madangan, kata yang penuh makna. Saya pikir itu seperti sambutan saya, manusia harus memberikan pemanfaatan pada manusia lainnya,” kata Dony Ahmad Munir.

Baca Juga  Warga Jatinunggal ini ditemukan meninggal di selokan

Menurut Dony, monument lingga merupakan sebuah landmark yang sudah diakui dunia pada zamannya. Karena itu, monument yang melambangkan alat vital lelaki bukti kesuburan itu pun dijadikan lambing Kabupaten Sumedang.

Makna lain dari Sumedang, yakni memiliki filosifis Insun Medal Insun Medangan yang mengandung arti aku lahir untuk menerangi. ”Menerangi dalam arti pendidikan, menerangi dalam arti menyejahterakan masyarakat, menerangi dalam arti memberikan kemanfaatan. Sehingga kita harus memaknai pesan dari leluhur kita ini dengan baik, salah satunya bisa menjadi bagian solusi di tengah masyarakat, bukan menjadi bagian masalah,” ungkapnya.

Baca Juga  Wabup Sampaikan Jawaban Bupati Atas Pandangan Umum Fraksi di DPRD

Bupati juga mengajak kepada seluruh elemen masyarakat Sumedang agar bersatupadu meneladani pada leluhur Sumedang yang telah berhasil menata Pemerintah di Sumedang pada masa itu.

”Kita sebagai orang Sumedang harus punya kewajiban meneruskan jejak langkah demi memajukan dan menyejahterakan Sumedang. Oleh sebab itu di usianya ke-441 tahun ini, kita tingkatkan partisipasi masyarakat dan berikan kontribusi positif demi membangun Kabupaten Sumedang,” ucapnya. (fit)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Benarkah Gegara Makam Keramat Dibangun Terowongan Tol Cisumdawu?

Pilihan Redaksi

Polda dan Dishub Jabar Gelar Operasi Gabungan

Pilihan Redaksi

Pelantikan Pengurus PPI Sumedang Tak Dihadiri Bupati

SUMEDANG

BPS Sumedang Siap Gelar Sensus Pertanian

Pilihan Redaksi

Rakor Pembebasan Lahan IPP, Disrumkimtan: Tahap pengukuran

Pilihan Redaksi

Ada Tihang PJU Roboh, Sumedang-Bandung Macet

JATINANGOR

Irwansyah Sindir Kinerja SPBS

Pilihan Redaksi

Sebuah rumah di Kebonbuah terbakar, kerugian ratusan juta