Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Sabtu, 8 Juni 2019 - 18:14 WIB

Alumni SMP Dorong Taman Literasi Terapung, Ini Tanggapan Sekda



SUMEDANG.ONLINE — Terkumpul dana secara spontan untuk rencana pembangunan perpustakaan apung sebesar Rp 37 juta lebih. Anggaran sebesar itu untuk menjadi stimulan untuk mendorong kecamatan Darmaraja sebagai kecamatan literasi di kabupaten Sumedang. Salahsatunya dengan membangun taman literasi terapung di bekas bangunan SMPN Sukamenak.

Ide taman literasi yang untuk mengenang keberadaan SMPN Sukamenak itu muncul secara spontan dari salahsatu alumni yang langsung disambut baik Sekda Sumedang, Herman Suryatman. Bahkan tidak sampai menunggu esok, Herman langsung mengajak para peserta untuk mengumpulkan secara spontan uang untuk rencana pembangunan taman literasi tersebut.

Baca Juga  1.200 Peserta Meriahkan Fun Bike Hari Jadi ke-440 Sumedang

“Tadi muncul gagasan spontan dari para alumni untuk mendorong kecamatan darmaraja menjadi kecamatan literasi. Ini sangat bagus sekali, dan kami pemerintah kabupaten akan memberikan support full. Berangkat dari Darmaraja, kecamatan literasi akan mendorong kabupaten Sumedang sebagai kabupaten literasi. Kenapa? Karena bangsa yang hebat hari ini adalah masyarakat yang literan. Itu sudah terbukti, negara Skandinavia seperti Finlandia, Denmark, Norwegia, Islandia adalah negara negara termaju dengan kebahagiaan tertinggi, bahkan hampir tidak ada korupsi di sana. Dan itu masyarakat literat oleh karena itu kita bangun Sumedang mulai dari Darmaraja sebagai masyarakat literat dan ini dorongan dari alumni,” kata Herman pada Sumedang Online disela acara Reuni Akbar SMPN Sukamenak di Lapang Sukaratu, Sabtu, 7 Juni 2019.

Baca Juga  Solok Serap Ide Langkah Penanganan Covid-19 di Sumedang

Di tempat yang sama Camat Darmaraja, Agus Khori, mengaku siap untuk mengawal pembangunan taman literasi tersebut. Meski demikian dia belum bisa memastikan kapan dimulainya pembangunan taman literasi. Pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan koordinasi dengan pihak panitia reuni dan akan mengundang tim teknik yang dapat membangun taman literasi terapung tersebut.

“Saya sangat mendukung Darmaraja dijadikan sebagai Kampung Literasi Terapung. Kita akan mendukung secara penuh,” ujar Camat. (Fitri)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Longsor Disposal Perumahan Rancamulya Recidence Masuk Pemukiman
Kapolres Sumedang, AKBP Eko Prasetyo Robbyantosaat jumpa pers. Senin, 28 Desember 2020.

Halo Polisi

Polres Sumedang Bekuk Tiga dari Empat Pelaku Curanmor

Nasional

Wow! Jabar Bakal Miliki Masjid Terapung
Pemerintah Kabupaten Sumedang mewacanakan akan melakukan parkir berlangganan untuk mereka yang parkir di bahu jalan.

Pilihan Redaksi

Sumedang Wacanakan Parkir Berlangganan, Tarif Parkir Disatukan Saat Bayar Pajak STNK

Pilihan Redaksi

IPDN sosialisasi bahaya kanker Serviks
Kapolsek Conggeang, Iptu Adang Sobari SH disela memantau pelaksanaan suntik vaksin juga memberikan masker kepada warga, Sabtu 24 Juli 2021.

KESEHATAN

HUT Bhayangkara ke-75, Ratusan Warga Conggeang Disuntik Vaksin Dosis Kedua di Polsek Conggeang
Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir, mewajibkan masyarakatnya untuk memakai masker. Hal itu sebagai salahsatu ikhtiar mengoptimalkan pencegahan dan penyebaran Corona Virus di Sumedang.

Pilihan Redaksi

Cegah Corona, Bupati Sumedang Bagikan 47 Ribu Masker
Endah Kusyaman, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumedang

Pilihan Redaksi

Sumedang Masih Tunggu Surat Resmi Kemendes Terkait Perpanjangan BLT DD Sampai September 2020