Urai Kemacetan, Polres Sumedang Berlakukan CB Oneway

SUMEDANG.ONLINE — Untuk mengurai kemacetan di Jalur Utama Sumedang kepolisian resort Sumedang memberlakukan buka tutup kendaraan (one way) sekira pukul 14.00 siang tadi. Hal itu lantaran di lebaran kedua ini, volume kendaraan dari arah Tomo di Cijelang terpantau padat.

Selain di kawasan Tomo, meningkatnya volume kendaraan juga terjadi di kawasan barat, Jatinangor. Imbasnya kepolisian memberlakukan oneway di kawasan Pamulihan dan Cimalaka untuk mengurai kemacetan.

Informasi awal yang diterima Sumedang Online, naiknya volume kendaraan yang melintas kawasan Sumedang lantaran masih adanya masyarakat yang melakukan silaturahmi. Selain itu, banyak wisatawan lokal yang menikmati libur lebaran dengan mengunjungi sejumlah tempat wisata di Sumedang. Salahsatunya di kawasan Bemdungan Jatigede.

Baca Juga  Nurhayat Lantik Empat Kepala Sekretariat Panwaslu Kecamatan

Berdasarkan informasi diperoleh kepadatan terjadi di sekitar Kecamatan Paseh arah Majalengka-Sumedang sekira pukul 14.30.

Jalur ini pun akhirnya diberlakukan buka tutup, dimulai dari Cimalaka. Untuk kendaraan roda dua dialihkan ke jalur alternatif Cisarua.

Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo pantau langsung situasi arus lalu lintas di Simpang Pamulihan, Kamis (6/6/2019).

Baca Juga  Hari Ini Paslon Nomor 1 Bakal Hijaukan Lapang Bola Desa Gudang

Pada sejumlab wartawan dia membenarkan adanya peningkatan volume kendaraan pada lebaran hari kedua ini, baik dari Arah Bandung-Sumedang maupun arah sebaliknya.

“Kepadatan arus lalulintas dari kedua arah terjadi sejak siang tadi. Kepadatan arus lalu lintas di jalur utama Sumedang pada hari ini didominasi pemudik lokal dari arah Bandung menuju Sumedang kota dan Majalengka serta warga yang akan menuju sejumlah obyek wisata. Sehingga, kami melakukan penguraian arus dari arah Bandung maupun Cirebon dengan melakukan Cara Bertindak (CB) one way di wilayah Simpang Pamulihan dan Cimalaka,” ujar Hartoyo.

Baca Juga  Ridwan Kamil Lantik KPID Provinsi Jabar

Selain menerapkan CB one way, untuk mengurai kemacetan di jalur tengah Sumedang, pihaknya melakukan rekayasa lalulintas dengan pengalihan arus seperti, kendaraan dari arah Cirebon menuju Bandung dialihkan ke jalur alternatif Rancakalong-Tanjungsari atau melalui jalur alternatif Simpang Pamulihan-Parakanmuncang. 

“Kami pun telah memasang pembatas jalan atau toli toli disetiap titik rawan kepadatan,” katanya.(*)

Reporter : Iwan & Fitri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK