Pilihan Redaksi, SUMEDANG

Paragliding, Pengusaha Sumedang Perlu Dilibatkan

Penulis: Redaksi | Editor: Redaksi

SUMEDANG.ONLINE, GN – Di Pembukaan West Java Paragliding World Championship and Culture Festival 2019, di halaman Gedung Negara Sumedang, Selasa, 22 Oktober 2019 siang tadi. Tampak makanan serta produk olahan khas Sumedang di stand- stand mulai dari dekranasda, asosiasi umkm dan lainnya, mereka menampilkan produk khas dari Sumedang yang digelar di lingkungan halaman Gedung Negara Sumedang.

Ketua Asosiasi UMKM Sumedang, Titus Diah memberikan apresiasi terhadap dilibatkannya UMKM dalam kegiatan bertaraf internasional itu.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

“Dari asosiasi sangat mengapresiasi mudah mudahan dengan kehadiran turis dari luar negeri juga, itu salah satu nanti pendrongkrak ekonomi. Karena di sini, kami juga menyajikan dari berbagai macam produk kabupaten Sumedang tentunya di pastikan hari ini akan dilihat oleh masyarakat banyak dari negara lain, negara asing,” ujar Titus Diah.

Baca Juga  Bupati Sumedang Sumbang Korban Kebakaran di Cimungkal

Diah berharap kegiatab semacam itu terua dapat difasilitasi oleh pemerintah daerah, apalagi sebuat dia di asosiasi yang dia gawangi banyak produk unggulan Sumedang, mulai dari kerajinan tangan, homr industri, dan lainnya.

“Nah hari ini dipecah ada komoditas batiknya, dipecah. Kemudian beberapa komoditas makanan olahan dan sebagainya kita pecah. Mudah mudahan lah kedepan juga nanti pa bupati beserta jajaran birokrasinya akan lebih peduli terhadap perkembangan ekonomi kedepan,” sambungnya.

Baca Juga  Atap SMPN 1 Surian Akan Roboh, Bupati Sumedang: Insyaalloh Tahun Depan akan Diperbaiki

Anggota DPRD Sumedang Rahmat Juliadi mengatakan dengan adanya event terbesar, tentu warga Sumedang ingin terlibat didalamnnya seperti pengusaha tahu, kuliner. Maka sebut dia, mereka perlu digandeng dan diajak oleh pemda sehingga bisa menambah penghasilan.

“Ya, memang betul event ini, semua orang pasti ingin terlibat di dalamnya, semua elemen masyarakat Sumedang ingin menunjukkan bahwa mereka adalah bagian dari Sumedang termasuk para pengusaha tahu, dan pengusaha pengusaha kuliner lainnya. Tentu ini perlu digandeng oleh pemda perlu mereka diajak, perlu mereka di libatkan supaya menambah kekayaan budaya Sumedang,” tandas Rahmat.

Baca Juga  Wow, Masjid Raya Uswatun Hasanah Bakal Dibangun Megah

Meski demikian sebut dia, para pengusaha pun jika belum terajak maka mereka diharapkan dapat melibatkan diri.

“Yah tanpa harus diajak ajak secara terus menerus tetapi melibatkan diri, karena ini adalah momentum yang baik untuk Sumedang. Jadi ini adalah satu hal yang harus kita pahami. Kegiatan besar seperti ini tentu banyak sekali kekurangan tapi secara umum secara keseluruhan ini sudah berjalan dengan baik acara sudah berjalan sukses tinggal kita lihat event lombanya seminggu ke depan,” jelasnya.

Dia berharap dalam seminggu ke depan itu masyarakat Sumedang dapat menunjukkan sebagai tuan rumah yang baik. (Iwan Rahmat)

Tinggalkan Balasan