Selain Gali Potensi PADes, BPD Diminta Awasi Dana yang Turun ke Desa

SUMEDANG.ONLINE – Assisten Pemerintahan pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumedang, Teddy Mulyono berharap kedepan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dapat berperan aktif dalam memberikan masukan dan pengawasan terhadap anggaran yang masuk ke desa.

“Maksudnya bagaimana membangun keharmonisan antara BPD dengan desa, termasuk juga bagaimana BPD turut serta dalam pembangunan di desa ini. Untuk masalah perencanaan pembangunan desa, kemudian pembuatan regulasi desa yang tentunya sangat penting bagi kemajuan desa, termasuk juga di dalamnya adalah bagaimana BPD menggali PAD Desa,” kata Teddy pada Sumedang Online usai membuka Bimbingan Teknik (Bimtek) Pembinaan Aparatur Pemerintahan Desa di Hotel Hanjuang Hegar Sumedang, Selasa, 12 nopember 2019.

Baca Juga  Kapolsek Tanjungmedar beri bantuan bocah yang ditinggal ibunya

BPD juga diharapkan Teddy mampu melakukan inovasi dan masukan terhadap desa, termasuk juga fungsi pengawasan terhadap pengelolaan keuangan yang masuk ke desa. Menurutnya, hal itu harus terintegrasi dari pembuatan APBDes dan perencanaan.

Baca Juga  10 Ribu Massa Ikut Kampanye Terakhir PKB

“Disamping membangun harmonisasi, BPD punya hak inovasi semacam masukan terhadap desa, termasuk juga pengawasan di desa bagaimana desa ini betul-betul dapat memanfaatkan dana-dana dari pemerintah, termasuk juga desa dapat memberdayakan masyarakat desa melalui alokasi anggaran yang ada,” tandasnya.

Baca Juga  HMI Badko Jabar Gelar Sekolah Demokrasi untuk Tingkatkan Wawasan Kepemiluan

Kegiatan tersebut diikuti 93 desa yang merupakan hasil pemilihan 2018. Teddy berharap ke depannya, seluruh BPD dapat turut serta dalam Bimtek semacam itu. Narasumber pada Bimtek tersebut berasal dari inspektorat, bagian hukum Setda Sumedang, dan Bappppeda Sumedang. (IWAN RAHMAT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK