Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 5 Feb 2020 14:50 WIB ·

Bupati Sumedang Tinjau Rencana Pembangunan Jalan Lingkar Utara Jatigede

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

BUPATI JALING:

SUMEDANG.ONLINE, CISITU (5/2/2020) – Pembangunan Jalan Lingkar Utara Jatigede diyakini Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir akan membawa dampak positif pada pembangunan di Kawasan Jatigede dan sekitarnya. Selain melakukan survey jalan pihaknya pun melakukan reboisasi bekas galian yang ada di kawasan Gunung Julang, Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang.

“Kami melakukan survey untuk pembangunan Jalan Lingkar Utara Jatigede, dimana jalan ini akan sangat berdampak pada kemajuan pembangunan di Jatigede. Terutama untuk kesejahteraan masyarakat Jatigede,” kata Dony pada wartawan termasuk reporter SUMEDANG ONLINE, di sela acara, Rabu, 5 Februari 2020.

Lanjut dia, karena tanah yang akan dijadikan Jalan Lingkar Utara merupakan tanah proyek milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, sehingga menurut dia, kewenangan pembangunannya berada di Pusat.

“Dan Alhamdulillah kita bersyukur pada Allah, Kementerian PUPR telah menganggarkan untuk tahun ini untuk 3,8 kilometer ruas jalan untuk Lingkar Utara Jatigede. Dan kami ingin meyakinkan bahwa titik yang dibangunnya betul-betul fungsional bisa dirasakan langsung. Dan bisa berdampak pada pengembangan wisata di sekitar Jatigede dan juga untuk pengguna akses jalan di sekitar Jatigede,” jelasnya.

Baca Juga  Kali Pertama Sumedang Raih Nilai Sakip B

Dikatakan dia, ruas jalan yang masuk Jalan Lingkar Utara Jatigede mulai dari Pasiringkik hingga Desa Cigintung dengan total panjang sekira 12 kilomter. “Tapi yang sudah dibebaskan oleh Satker oleh PUPR baru delapan kilometer, empat kilometernya belum dibebaskan. Jadi yang dibangun yang sudah dibebaskan dulu, tapi yang belum dibebaskan sebagian besar adalah Jalan Desa, dan mudah untuk diselesaikannya,” imbuhnya.

Dia berharap pembangunan Jalan tersebut akan kelar pada tahun depan. “Sehaingga nanti itu Jatigede akan betul-betul dikelilingi jalan yang sangat representatif dan sangat bagus. Ada lingkar Utara, ada Lingkar Timur ada Lingkar Barat, sehingga dengan jalan seperti itu akan memudahkan orang untuk singgah dan menikmati pemandangan alam Jatigede,” ungkapnya.

Baca Juga  Sumedang Tetapkan Status Karantina Wilayah Parsial Cegah Corona

Sementara unutk reboisasi bekas galian di Kawasan Gunung Julang, Dony berharap hal itu sebagai upaya untuk menghijaukan kembali kawasan itu sehingga tidak berdampak negatif pada masyarakat yang ada di sekitarnya.

“Sehingga tidak ada dampak negatif setelah dilakukan eksplorasi tetapi reklamasinya harus betula-betul dilaksanakan dengan baik. Dan, kami terus menyuportnya, mengarahkannya kewajiban pemerintah melakukan penghijauan begitupula pengusahanya harus melakukan penghijauan di sekitar gunung julang,” bebernya. *** IWAN RAHMAT ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 64 kali

Baca Lainnya

Bupati dan Ketum Pusat Hadiri Pelantikan Koordinator Hamida Kabupaten Sumedang

29 November 2021 - 22:05 WIB

Acara pelantikan koordinator Himpunan Alumni Miftahul Huda ( HAMIDA ) Kabupaten Sumedang masa khidmat 2021 - 2026 dilaksanakan di Gedung Negara. Sabtu 27 November 2021.

Puncak Hari Jadi, Korpri Sumedang Gelar Donor Darah

29 November 2021 - 21:52 WIB

Ketua Panitia Hari Ulang Tahun ke-50 Korp Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Tingkat Kabupaten Sumedang, Dadang Sulaeman

Jadwal Pertandingan Perses Sumedang di Liga 3 Seri 1 Group A

29 November 2021 - 19:17 WIB

Jadwal Pertandingan Perses Sumedang

Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany Kini Jadi Komandan Batalyon Infantri Yonif Raider 301/PKS

26 November 2021 - 13:14 WIB

Jabatan Komandan Batalyon Infantri Raider 301/Prabu Kian Santang resmi diserahterimakan dari Letkol Inf Wahyu Alfian Arisandi ke Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany. Upacara serah terima jabatan dipimpin KASBRIG 15 Kujang/II Kodam III/Siliwangi Letkol Inf Imam Wicaksana di Lapangan Yonif Raider 301 Prabu Kian Santang Sumedang Jawa Barat. Selasa, 24 November 2021.

Imbas Pandemi Covid-19 Angka Kemiskinan Ekstrim di Kabupaten Sumedang Naik Jadi 10,26 Persen

26 November 2021 - 13:04 WIB

Mety Supriyati selaku Kepala Bidang Pemerintahan dan Sosial pada Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Sumedang menyebutkan akibat pandemi Covid-19, angka kemiskinan di Kabupaten Sumedang meningkat dari 9,05 persen menjadi 10,26 persen.

Sambil Menangis Yana ‘Cadas Pangeran’ Sampaikan Permohonan Maaf pada Masyarakat

22 November 2021 - 12:15 WIB

Yana Supriatna, saat menyampaikan permohonan maaf di Mapolres Sumedang. Senin, 22 November 2021.
Trending di SUMEDANG