Bupati Sumedang Tinjau Rencana Pembangunan Jalan Lingkar Utara Jatigede

SUMEDANG.ONLINE, CISITU (5/2/2020) – Pembangunan Jalan Lingkar Utara Jatigede diyakini Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir akan membawa dampak positif pada pembangunan di Kawasan Jatigede dan sekitarnya. Selain melakukan survey jalan pihaknya pun melakukan reboisasi bekas galian yang ada di kawasan Gunung Julang, Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang.

“Kami melakukan survey untuk pembangunan Jalan Lingkar Utara Jatigede, dimana jalan ini akan sangat berdampak pada kemajuan pembangunan di Jatigede. Terutama untuk kesejahteraan masyarakat Jatigede,” kata Dony pada wartawan termasuk reporter SUMEDANG ONLINE, di sela acara, Rabu, 5 Februari 2020.

Baca Juga  Dandim 0610/Sumedang Tinjau Cek Poin Parakanmuncang

Lanjut dia, karena tanah yang akan dijadikan Jalan Lingkar Utara merupakan tanah proyek milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, sehingga menurut dia, kewenangan pembangunannya berada di Pusat.

“Dan Alhamdulillah kita bersyukur pada Allah, Kementerian PUPR telah menganggarkan untuk tahun ini untuk 3,8 kilometer ruas jalan untuk Lingkar Utara Jatigede. Dan kami ingin meyakinkan bahwa titik yang dibangunnya betul-betul fungsional bisa dirasakan langsung. Dan bisa berdampak pada pengembangan wisata di sekitar Jatigede dan juga untuk pengguna akses jalan di sekitar Jatigede,” jelasnya.

Baca Juga  Bus Jurusan Sumedang Bekasi dan Kampung Rambutan Telah Bisa Beroperasi

Dikatakan dia, ruas jalan yang masuk Jalan Lingkar Utara Jatigede mulai dari Pasiringkik hingga Desa Cigintung dengan total panjang sekira 12 kilomter. “Tapi yang sudah dibebaskan oleh Satker oleh PUPR baru delapan kilometer, empat kilometernya belum dibebaskan. Jadi yang dibangun yang sudah dibebaskan dulu, tapi yang belum dibebaskan sebagian besar adalah Jalan Desa, dan mudah untuk diselesaikannya,” imbuhnya.

Dia berharap pembangunan Jalan tersebut akan kelar pada tahun depan. “Sehaingga nanti itu Jatigede akan betul-betul dikelilingi jalan yang sangat representatif dan sangat bagus. Ada lingkar Utara, ada Lingkar Timur ada Lingkar Barat, sehingga dengan jalan seperti itu akan memudahkan orang untuk singgah dan menikmati pemandangan alam Jatigede,” ungkapnya.

Baca Juga  Bisakah Sumedang menjadi Benchmark Kampung Kreatif Nasional?

Sementara unutk reboisasi bekas galian di Kawasan Gunung Julang, Dony berharap hal itu sebagai upaya untuk menghijaukan kembali kawasan itu sehingga tidak berdampak negatif pada masyarakat yang ada di sekitarnya.

“Sehingga tidak ada dampak negatif setelah dilakukan eksplorasi tetapi reklamasinya harus betula-betul dilaksanakan dengan baik. Dan, kami terus menyuportnya, mengarahkannya kewajiban pemerintah melakukan penghijauan begitupula pengusahanya harus melakukan penghijauan di sekitar gunung julang,” bebernya. *** IWAN RAHMAT ***

Tinggalkan Balasan