Galian C Tak Berizin, Wabup Sumedang: Hentikan Semua Aktifitas

SUMEDANG.ONLINE, CIMALAKA (2/2/2020) – Sebanyak dua puluh dari dua puluh lima perusahaan yang melakukan aktifitas galian C di Gunung Tampomas tak memiliki izin. Hal itu diketahui setelah Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum beserta Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan melakukan sidak ke penambangan galian C di kaki Gunung Tampomas.

Mereka pun meminta aktifitas galian C untuk dihentikan. ”Kita hentikan semua aktifitas yang tidak berizin. Kita tarik, tadi kita lihat bersama ada berapa puluh truk di sana, ada berapa bechoe di sana sedang melakukan kegiatan. Padahal izinnya sama sekali tidak ada. Di sana yang bertanggungjawabnya pun tidak ada, yang punya lokasinya tidak ada. Tadi hanya yang jaga-jaga saja,” kata Erwan pada wartawan termasuk Reporter SUMEDANG ONLINE, Ahad, 02 Februari 2020.

Baca Juga  KH. Maman Imanulhaq : Kader NU Harus Jadi Petarung di Gelanggang Kompetisi Teknologi Informasi.

Uu Ruzhanul Ulum pun terlihat berang melihat lokasi Gunung Tampomas yang sudah rusak tersebut. Namun, sebut dia, fenomena perusahaan galian c yang tak berizin melakukan penambangan tersebut tak hanya terjadi di Sumedang saja tetapi di sejumlah daerah yang ada di Jawa Barat, karena itu pihaknya akan bersikap tegas untuk menjaga lingkungan.

Baca Juga  500 Guru Paud Peringati 103 Harjad Paguyuban Pasundan

“Dan saya lihat seperti ini adanya, sudah rusak. Tapi yang ironinya, para penambang di sini tidak memiliki izin. Dan tadi saya ke situ melihat tidak ada izin hanya ada secarik kertas. Ini lah kondisi Jawa Barat, bukan hanya di Sumedang tapi juga di Kabupaten Lain. Untuk itu saya minta bantuan dari masyarakat seandainya ada penambangan, yang ada di sekitar anda anda semua, tolong cek izinnya. Lapor kepada kami, demi kebaikan kita semua, demi kebaikan jawa barat. Khususnya untuk lingkungan hidup lebih lestari,” pungkasnya. ***IWAN RAHMAT***

Baca Juga  Tak Ingin Ada Aparat Desa Terjerat Hukum, DPMD Sumedang Gencar Lakukan Sosialisasi Regulasi Pengelolaan Keuangan Desa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK