[RAPAT PARIPURNA DPRD] Fraksi PKB Soroti Kinerja SDM PDAM Tirta Medal

Herman Habibullah selaku Sekretaris Fraksi PKB Kabupaten Sumedang

SUMEDANG.ONLINE, DPRD (18/2/2020) – Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Sumedang menyoroti kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Medal yang sudah berubah status dari Perusahaan Daerah (Perusda) menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) agar menyikapi berbagai keluhan yang disampaikan oleh masyarakat.

“Mengenai PDAM Kabupaten Sumedang kami berpandangan bahwa keberadaan PDAM tirta medal sebagai milik pemerintah Kabupaten Sumedang, selama ini sering dikeluhkan oleh masyarakat yang terkait dengan kuantitas bahkan kualitas air yang tidak memadai dan tidak dapat memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujar Herman Habibullah selaku Sekretaris Fraksi PKB Kabupaten Sumedang dalam Pandangan Umum Fraksi PKB menyikapi dua Raperda yang telah disampaikan Bupati Sumedang kemarin.

Baca Juga  Dewan Sebut Pemda Sumedang Dinilai Belum Siap PSBB, Ini Alasannya

Karena hal itu pihaknya memilik catatan, diantaranya berubahnya status keberadaan PDAM Tirta Medal dari Perusada menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) agar jangan sekadar memenuhi tuntutan yuridis dari peraturan perundang-undangan semata tetapi Perumda air minum, nantinya harus benar-benar dapat melayani kebutuhan masyarakat secara memadai baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Baca Juga  Tuntut sisa pembayaran Jalan Tol Cisumdawu, warga Sabagi sempat blokir jalan

Selain itu F-PKB juga berharap agar pihak majajemen Perumda air, harus lebih tanggap dan responsif terhadap keluhan keluhan yang disampaikan oleh masyarakat.

“Pengelolaan Perumda air minum harus didahulukan secara profeisonal dan proporsional sehingga Perumda air minum ke depan dapat mencapai efektifitas kinerja yang optimal sebagai sebuah perusahaan yang sehat dan menghasilkan,” imbuhnya.

Baca Juga  Ani: Kader Dharma Wanita harus dapat memperkuat ketahanan keluarga

Bahkan dalam pandangan Umum F-PKB, pengelolaan PDAM Tirta Medal selama ini, terkesan kurang efisien yang ditunjukkan dengan besarnya pengeluaran operasional perusahaan. “Agar efisiensi perusahaan bisa dicapai secara memadai kami mohon agar saudara bupati memperhitungkan kembali sumber daya yang dimiliki PDAM tirta medal sesuai dengan kebutuhan yang ideal,” jelasnya. *IWAN RAHMAT*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK