Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Sabtu, 29 Februari 2020 - 14:10 WIB

Wabup Sumedang Berang ada Perusahaan Malah Picu Penyempitan Saluran Air



SUMEDANG.ONLINE, JATINANGOR (29/2/2020) – Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan menyebutkan kejadian banjir yang terjadi kemarin sore merupakan kejadian terbesar sepanjang satu dekade.

“Sejak 2010 baru sekarang lagi terjadi banjir besar di wilayah Kecamatan Jatinangor,” ujar Erwan saat mengunjungi desa terdampak banjir diantaranya Cipacing, Cikeruh, Sayang, Mekargalih dan Hegarmanah.

Dikatakan dia, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan sejumlah SKPD terkait untuk penanganan tanggap daruratnya sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

Baca Juga  Suparya, Wafat Setelah Tersengat Listrik 20 KV

“Dikarenakan itu sangat penting untuk penanganan jangka pendek agar masyarakat pasca banjir ini tidak ada yang sakit,” jelas dia.

Hasil penelusuran sementara penyebab banjir diantaranya disebabkan banyaknya penyempitan dan pendangkalan sungai terutama di wilayah RW 13 dan 18 Desa Cipacing, Kecamatan Jatinangor.

“Tadi kita lihat bersama seperti salah satu perusahaan yang pinggiran pabriknya melebihi batas sungai, maka kami langsung panggil perwakilan perusahaannya. Untuk secepatnya melakukan pembongkaran, dan apabila tidak dibongkar maka kami yang akan membongkarnya. Itu salah satu penyebab sungai Cikeruh meluap, dan permasalahann ini akan kita segera bahas,” tandasnya.

Baca Juga  Peringati Harkitnas ke-113, Pemkab Sumedang Gelar Upacara Bendera

Sementara itu, lantaran kejadian banjir berada di perbatasan dengan wilayah Bandung, pihaknya pun akan segera melakukan koordinasi dengan pihak Provinsi Jawa Barat.

“Disatu sisi kita selesaikan di Sumedang nya, ternyata di kabupaten Bandung nya tidak ada penyelesaian. Ya percuma, tetap kita yang jadi korbannya,” ungkapnya. *ACENG SYARIF HIDAYATULLAH*

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

SUMEDANG

Si Jago Merah Beraksi Di Sumedang

Pilihan Redaksi

MUI akan rumuskan formula tepat hukuman pelaku Phedeofelia
Kepala Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Statistik (Diskominfosantik), Iwa Kuswaeri

Pilihan Redaksi

Absensi Digital Bermasalah, Diskominfosantik Sumedang: Permasalahan Bukan di Server

Pilihan Redaksi

TBL Warga Sumedang Dibekuk Densus 88, Diduga Merupakan Murid Aman Abdurahman
Sebanyak 165 warga Desa Gudang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang menerima bantuan lansung tunai (BLT) non-DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) Pemerintah Kabupaten Sumedang. Pemberian Bantuan dilaksanakan di GOR Desa Gudang. Sabtu, 2 Mei 2020.

SUMEDANG

165 Warga Gudang Terima BLT non-DTKS Sumedang
Sekjen Kemendes PDTT Taufik Madjid setelah meriview Command Center Sumedang, Jumat 4 Juni 2021.

Pilihan Redaksi

Ka BPI Apresiasi Command Center yang Dimiliki Sumedang
GUBERNUR Jawa Barat, Ridwan kamil saat mengunjungi PT. Bio Farma yang dapat memproduksi reagen untuk pemeriksaan COVID-19 dengan metode Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR). Jumat, 24 April 2020.

Nasional

Test Covid, Gubernur Jabar: Tak Akan Gunakan Lagi Rapidtest

Pilihan Redaksi

Wakil Ketua DPRD Menilai DPMPTSP Sumedang Persulit Perizinan