Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 23 Mar 2020 23:29 WIB ·

Diam di Rumah, Golkar Dorong Pemda Sumedang Pikirkan Warga yang Tak Berpenghasilan Tetap

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Sumedang, H Deden Yayan Rusyanto.

H-DEDEN-FRAKSI-GOLKAR: Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Sumedang, H Deden Yayan Rusyanto.

SUMEDANG.ONLINE, DPRD (23/3/2020) – Fraksi Golkar Kabupaten Sumedang memberikan apresiasi terhadap langkah cepat pemerintah Kabupaten Sumedang dalam menangani dan mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid 19) di Kabupaten Sumedang.

Menurut Ketua Fraksi Partai Golkar, H Deden Yayan Rusyanto, langkah pemerintah yang mengintruksikan warga Sumedang untuk diam di rumah merupakan langkah tepat untuk memotong penyebaran Covid-19. Hanya saja sebut dia, pemerintah tak hanya sekadar memerintahkan untuk ‘diam di rumah’, tanpa memikirkan dampak sosialnya. Terutama bagi mereka yang tak memiliki penghasilan tetap karena bekerja di lingkungan non-formal.

“Pertama langkah-langkah yang diperlukan, yang ditunggu oleh masyarakat dari Pemda itu. Selain terkait dengan penanganan Covid 19, terkait dengan orang yang diduga dipantau, diduga kena secara kesehatan. Yang ditunggu masyarakat itu, terutama  masyarakat-masyarakat kelas bawah bagaimana terkait jaminan sosial ekonominya. Mereka harus diam di rumah, tetapi kemudian mereka ada kesulitan dari sisi ekonominya. Karena mereka bekerja dalam sektor tidak formal. Karena mereka juga ketika diam dirumah, tetap perlu makan dan sebagainya,” ujar Deden pada SUMEDANG ONLINE, Senin, 23 Maret 2020.

Baca Juga  Hujan mulai guyur Sumedang

Menurutnya perlu ada langkah cepat dan konkret dari Pemerintah Daerah untuk menangani hal itu. Sehingga nantinya dia berharap, masyarakat patuh terhadap perintah pemerintah karena kebutuhan pokok sehari-hari mereka dapat terpenuhi.

“Ini yang harus kita gerakkan cepat, jadi jangan sampai bertolak belakang. Nah, Fraksi Partai Golkar mendorong supaya DPRD dan Pemerintah Daerah segera membicarakan masalah tersebut seperti apa solusinya.  Jadi misalnya; ada pedagang-pedagang di sekitar sekolah. Yang kemarin itu kan mau diberikan bantuan dari pemerintah. Itu harus segera dieksekusi. Sekolahnya kan sudah diliburkan, (di sana) ada pedagang kantin, ada pedagang asong yang biasa mangkal di sekolah, tiba-tiba sekarang diliburkan. Mereka tidak bekerja, sementara anaknya tinggal di rumah, terus anaknya pengen jajan, darimana uangnya. Nah ini, kasihanlah,” ungkap dia.

Baca Juga  Pj. Bupati Sumedang Ajak Doakan Korban Gempa NTB

Deden tak berharap, jika dampak sosial dari adanya intruksi untuk ‘diam dirumah’ itu justru akan menimbukan masalah baru karena lambatnya penanganan dari pemerintah daerah itu sendiri.

“Nanti akan menimbulkan masalah baru orang yang sehat bisa jadi stress. Oleh karena itu Fraksi Partai Golkar mendorong supaya DPRD dan Pemerintah Daerah segera membicarakan dan merealisasikan terkait pemberian jaminan sosial ekonominya,” tandasnya. *FITRI*

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 9 kali

Baca Lainnya

Disparbudpora dan DPMPTSP Sosialisai OSS ke Pengelola ODTW di Sumedang

27 Januari 2022 - 17:25 WIB

Sebanyak 25 pengelola object daya tarik wisata (ODTW) di Kabupaten Sumedang mendapat sosialisasi Online Single Submission (OSS). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) dan DPMPTSP Kabupaten Sumedang di Objek Wisata Pangjugjugan Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan. Kamis, 27 Januari 2021.

Truk Hilang Kendali Seruduk Kendaraan Lain di Kawasan Cimanggung

24 Januari 2022 - 22:43 WIB

Tabrakan beruntun terjadi di jalur Bandung-Garut tepatnya di kawasan Kecamatan Cimangung, Kabupaten Sumedang Jawa barat, sekira pukul 19.30. Senin, 24 Januari 2021.

Besok, Tol Cisumdawu Seksi 1 Mulai Dibuka

24 Januari 2022 - 22:32 WIB

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) Seksi 1 ruas Cileunyi-Pamulihan, Senin (24/1/022).

Satu Keluarga Tertimbun Longsor, Seorang Meninggal Dunia

22 Januari 2022 - 18:44 WIB

Satu keluarga tertimbun tanah saat longsor terjadi di Dusun Cukanggaleuh, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sabtu, 22 Januari 2022.

Diduga Rem Blong, Truk Angkut Pasir Seruduk Bangunan SDN Cibeureum 4

20 Januari 2022 - 17:29 WIB

Sebuah Truk Angkut Pasir diduga rem blong sehingga harus menimpa ke sebuah ruangan Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Desa Cibeureum kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.
Trending di SUMEDANG