Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 29 Mar 2020 14:22 WIB ·

Masker Kain Laris, Konveksi di Sumedang Rebutan Bahan Baku

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

Para perajin konveksi di Dusun Singkur, Desa Pangadegan, Kecamatan Rancakalong, Kabupaten Sumedang  tengah mengerjakan pembuatan masker kain, yang akhir-akhir ordernya banyak.

WHATSAPP IMAGE 2020-03-29 AT 13.57.56: Para perajin konveksi di Dusun Singkur, Desa Pangadegan, Kecamatan Rancakalong, Kabupaten Sumedang tengah mengerjakan pembuatan masker kain, yang akhir-akhir ordernya banyak.

SUMEDANG.ONLINE, RANCAKALONG – Langkanya masker berstandar WHO di pasaran, mendorong para perajin konveksi di Sumedang untuk membuat sendiri. Seperti yang dilakukan Ajat Sudrajat, pemilik konveksi rumahan di Dusun Singkur, Desa Pangadegan, Kecamatan Rancakalong, Kabupaten Sumedang ini.

Ditemui SUMEDANG ONLINE di workshop nya, Asep mengaku dalam dua minggu terakhir ini kebanjiran order.

“Sudah dua mingguan sampai sekarang. Paling ramai semingguan bahkan orderan pun sampai tidak tahan,” ungkap Asep.

Dia mengaku dalam sehari mampu mengerjakan pembuatan masker hingga 20 lusin (240 pcs). Meski demikian disebutkan dia, karena mulai banyak konveksi lain yang menjalankan hal serupa membuat orderan mulai berkurang.

“Di hari Minggu ke tiga pesanan mulai berkurang tapi pesanan yang rutin saja. Apalagi sekarang toko kain bahan untuk dijahit agak susah bahkan sampai rebutan,” imbuh dia.

Baca Juga  Delapan Daerah di Jabar Akan Laksanakan Pilkada dengan AKB, Petugas Kudu Dirapid

Dia mengakui jika masker yang dibuatnya memang belum berstandar WHO, namun karena kelangkaan bahkan sampai tidak ada dipasaran masker berstandar WHO sehingga banyak konveksi yang berinisiatif membuat sendiri.

Asep berharap musibah wabah corona (Covid 19) ini segera berakhir, karena bagaimana pun dia mengaku kena imbas dari adanya wabah tersebut.

“Dan mudah-mudahan pemerintah bisa menyelesaikan yang terjadi sekarang dan normal kembali seperti biasa karena kalau ingin bepergian keluar rumah agak merasa takut jika tidak ada keperluan seperti membeli sembako untuk mkn sehari-hari,” pungkas dia.

Sementara itu, Kasubag Program pada Dinkes Sumedang, Ekky Riswandiyah Utomo menyebutkan sebenarnya Standar Operasional Prosedur (SOP) maser berstandar WHO atau medis hanya digunakan untuk warga yang betul-betul sakit.

Baca Juga  Sebelum Pemilu, Ormas Garbi Bidik Ada di 30 Provinsi

“Sebetulnya sop penggunaan masker standar WHO atau standar medis itu pertama untuk warga yang betul-betul sakit seperti batuk/gangguan pernafasan. Kedua untuk petugas medis yag memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yabg sakit,” jelas dia.

Disebutkannya, dalam kondisi keterbatasan masker medis, daripada masyarakat berebut dengan teman-teman dari tenaga kesehatan yang jauh lebih beresiko. Pihaknya menyarankan agar masyarakat dan atau jajaran non-ksehatan dapat menggunakan masker jenis apa pun.

“Tapi tetap protokol pencegahan penyebaran Covid-19 tetap dipatuhi. Tidak keluar rumah jika tidak betul-betul penting dan jika terpaksa harus menggunakan masker (kain), selalu CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) juga desinfeksi dirumah masing-masing,” pungkas dia. *IWAN RAHMAT/FITRI*

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 106 kali

Baca Lainnya

Disparbudpora dan DPMPTSP Sosialisai OSS ke Pengelola ODTW di Sumedang

27 Januari 2022 - 17:25 WIB

Sebanyak 25 pengelola object daya tarik wisata (ODTW) di Kabupaten Sumedang mendapat sosialisasi Online Single Submission (OSS). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) dan DPMPTSP Kabupaten Sumedang di Objek Wisata Pangjugjugan Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan. Kamis, 27 Januari 2021.

Truk Hilang Kendali Seruduk Kendaraan Lain di Kawasan Cimanggung

24 Januari 2022 - 22:43 WIB

Tabrakan beruntun terjadi di jalur Bandung-Garut tepatnya di kawasan Kecamatan Cimangung, Kabupaten Sumedang Jawa barat, sekira pukul 19.30. Senin, 24 Januari 2021.

Besok, Tol Cisumdawu Seksi 1 Mulai Dibuka

24 Januari 2022 - 22:32 WIB

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) Seksi 1 ruas Cileunyi-Pamulihan, Senin (24/1/022).

Satu Keluarga Tertimbun Longsor, Seorang Meninggal Dunia

22 Januari 2022 - 18:44 WIB

Satu keluarga tertimbun tanah saat longsor terjadi di Dusun Cukanggaleuh, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sabtu, 22 Januari 2022.

Diduga Rem Blong, Truk Angkut Pasir Seruduk Bangunan SDN Cibeureum 4

20 Januari 2022 - 17:29 WIB

Sebuah Truk Angkut Pasir diduga rem blong sehingga harus menimpa ke sebuah ruangan Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Desa Cibeureum kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.
Trending di SUMEDANG