Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 23 Mar 2020 17:19 WIB ·

Sumedang Akan Lakukan Tes Masiv Covid-19

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

WHATSAPP IMAGE 2020-03-23 AT 17.10.51:

SUMEDANG.ONLINE, GEDUNG NEGARA (23/3/2020) – Direktur RSUD Sumedang, Aceng Solehudin menyampaikan hasil teleconference Pemerintah Kabupaten Sumedang dengan Gubernur Jawa Barat H. M. Ridwan Kamil yang dilaksanakan tadi pagi.

Dikatakan dia, akan dilakukan Tes Masiv Covid-19 di seluruh wilayah di Jawa Barat termasuk di wilayah Kabupaten Sumedang.

“Pelaksanaan Tes Masiv Covid-19 ini menurut Gubernur bukan untuk mengetes semua orang, akan tetapi tes secara uji petik untuk membuat peta sebaran di daerah masing-masing,” ujar Aceng saat jumpa pers di Gedung Negara, Senin, 23 Maret 2020.

Lebih lanjut dia menyebutkan, Tes Masiv Covid-19 ini terbagi dalam 3 kriteria, yaitu Kriteria A, B, dan C, dengan penjelasan per kriteria sebagai berikut:

Baca Juga  Bunda Literasi Sumedang: Budaya Baca Hingga Pelosok RT

Kriteria A, adalah tes yang dilakukan kepada yang memiliki resiko paling tinggi, seperti ODP, PDP, dan keluarga pasien/tetangga yang masuk 50 kontak terdekat, serta petugas kesehatan di RS yang sedang menangani Covid 19. Tes untuk kategori ini (Kategori A) dilakukan di Rumah Sakit atau door to door;

Kategori B adalah, kalangan profesional yang rawan terhadap interaksi sosial yang besar. Seperti, para Ulama, petugas kesehatan Puskesmas, TNI/POLRI, Babinkamtibmas, Babinsa, para Kepala Dinas, anggota DPRD, dan para pedagang pasar. Kategori ini akan melalui prosedur Drive Thru. Tes kategori Kriterua B akan dilakukan di lapangan atau tempat parkir yang luas;

Baca Juga  Jajal Naik LRT dari Stasiun Jakabaring ke Bumi Sriwijaya, Menpora Sapa Masyarakat

Kriteria C yaitu, masyarakat yang mau diperiksa serta mempunyai gejala sakit. Kategori B dan C akan melaksanakan test secara Drive Thru melalui surat panggilan. Tes ini dilaksanakan hanya dengan durasi waktu 15 menit dan prioritas akan mendahulukan yang berada pada kategori A.

“Berkaitan dengan pelaksanaan tes terhadap tiga kategori dimaksud, terlebih dahulu akan kita mendata dan mendaftarkar siapa-siapa saja yang berada di tiap kategorinya, yang disampaikan melalui aplikasi Pikobar (Pusat Informasi dan Koordinasi COVID 19 Jawa Barat), dan tes ini akan diprioritaskan untuk yang berada pada kategori A terlebih dahulu,” jelasnya. *IWAN RAHMAT*

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

Baca Lainnya

Satu Keluarga Tertimbun Longsor, Seorang Meninggal Dunia

22 Januari 2022 - 18:44 WIB

Satu keluarga tertimbun tanah saat longsor terjadi di Dusun Cukanggaleuh, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sabtu, 22 Januari 2022.

Diduga Rem Blong, Truk Angkut Pasir Seruduk Bangunan SDN Cibeureum 4

20 Januari 2022 - 17:29 WIB

Sebuah Truk Angkut Pasir diduga rem blong sehingga harus menimpa ke sebuah ruangan Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Desa Cibeureum kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.

Bupati Sumedang Minta Pengurus Baru dapat Memajukan IWAPI

19 Januari 2022 - 21:31 WIB

Pelantikan Ketua dan Dewan Pengurus Cabang IKatan Wanita Pengusaha Indonesia Kabupaten Sumedang Periode 2021-2026 dihadiri sekaligus memberikan sambutan dan pengarahan oleh Bupati Sumedang. Bertempat, di Gedung Negara Sumedang.

Keraton Sumedang Larang Imbau Ketum PDI Perjuang Berikan Sanksi Tegas pada Atreria Dahlan

19 Januari 2022 - 21:21 WIB

H.R.I Lukman Soemadisoeria selaku PYM Sri Radya Karaton SUmedang Larang saat menyampaikan sikap Keraton Sumedang Larang atas pernyataan Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan yang meminta Kajati Jabar untuk dipecat karena menggunakan bahasa Sunda.

Jelang Porprov XIV Jawa Barat, KONI Sumedang Gelar Evaluasi Program Kerja

18 Januari 2022 - 17:43 WIB

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sumedang menggelar kegiatan rapat kerja daerah (rakerda) yang dilaksanakan di Gedung Islamic Center, dihadiri jajaram pengurus Koni Sumedang dan perwakilan cabor yang berada dibawah Koni Kab Sumedang. Selasa (18/01/2022)
Trending di SUMEDANG