Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Kamis, 2 April 2020 - 23:43 WIB

Ketua RT: Harusnya Ada Klasifikasi Penerima Bantuan Terkena Dampak Corona

Ketua RT 01 RW 18, Kelurahan Situ, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Wawan,

KETUA RT 01 RW 18, KELURAHAN SITU, KECAMATAN SUMEDANG SELATAN, KABUPATEN SUMEDANG, WAWAN, KETUA RT 01 RW 18, KELURAHAN SITU, KECAMATAN SUMEDANG SELATAN, KABUPATEN SUMEDANG, WAWAN,: Ketua RT 01 RW 18, Kelurahan Situ, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Wawan,


SUMEDANG.ONLINE – Ketua RT 01 RW 18, Kelurahan Situ, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Wawan, berharap berbagai upaya pemerintah dalam hal memberikan bantuan pada masyarakatnya yang terdampak dari Pandemik Corona Virus tak sampai salah sasaran.

Apalagi sebut dia, selama ini mereka sebagai pendata tak mendapatkan informasi klasifikasi penerima seperti apa. Mereka sejauh ini hanya bertugas untuk menyampaikan informasi terutama dalam bidang pencegahan supaya hidup bersih, sesuai ajuran pemerintah agar tak sampai salah paham.

“Contoh banyak yang salah paham terkait dengan keringanan kredit, seolah-olah ada kata-kata gratis. Jangan sampai terjadi salah persepsi,” ujar Wawan pada SUMEDANG ONLINE, Kamis, 2 April 2020.

Baca Juga  Bupati Sumedang, ajak peserta PON untuk tidak kapok ke Sumedang

Selanjutnya sebut dia, berkaitan dengan adanya wacana pemberian bantuan pangan. Dalam sosialisasi yang disampaikan pemerintah hanya menyebutkan pada mereka yang terkena dampak.

“Kalau berdampak semuanya otomatis kena dampak, tapi menurut saya sebagai RT, harusnya ada klasifikasi yang berdampak disana itu. Harus ada klasifikasinya, siapa saja? Kriteria yang harus dikasih itu. Contohnya menurut saya itu, yang terkena dampak langsung itu, seseorang misalnya wiraswasta jadi supir, pedagang kaki lima, usahanya jadi macet. Jangan sampai kelihatannya mampu, meminta bantuan untuk seolah-seolah merasakan kena dampak. Itu yang harus diperjelas klasifikasinya itu, batasan-batasan yang kenda dampak itu,” jelasnya.

Baca Juga  Angkutan Barang, Dilarang Mangkal Sembarangan

Dia berharap baik bantuan sembako, sosial, keringanan kredit harus ada klasifikasi atau batasan-batasannya. “Jangan sampai salah kaprah di masyarakat, kalau masyarakat sudah tahu batasannya mungkin tidak semua warga mendatangi RT, karena mereka sudah menyadari sendiri, saya mah orang mampu. Tapi kalau tidak ada batasan, otomatis mereka juga kena dampak, semuanya. Dari mulai yang kaya hingga miskin kena dampaknya, apa pergerakan dibatasi. Kedua kalau seorang pendapatan bulan tidak terdampak, tapi kalau pendapatan harian itu terasa. Usaha jadi sepi,” tandasnya. *IWAN RAHMAT*

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

SUMEDANG

Siswi SD yang Dicekik Ortunya, Masih Dirawat Intensif

Pilihan Redaksi

Kapolres Sumedang Berikan Bantuan untuk Warga Terdampak Pergeseran Tanah

JATINANGOR

Pamdal IPDN Jatinangor Tangkap Pelaku Pencurian, Ditangani Polisi

PENDIDIKAN

SMP Yudistira Gelar Ultah, Ini yang Dilakukan

Pilihan Redaksi

Banjir Rutinan, Kembali Bikin Macet Jalan Raya Bandung-Garut
Bupati Sumedang menyerahkan bantuan sosial kepada para Pekerja di Lingkungan Ekosistem Pariwisata Sumedang, bantuan tersebut dilaksanakan secara simbolis di Gedung Negara Sumedang. Kamis, 12 Agustus 2021.

Pilihan Redaksi

Bupati Sumedang Serahkan Bantuan untuk Para Pekerja Wisata

Pilihan Redaksi

Babinsa Andil Dalam Pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020
Pj. Kepala Desa Trunamanggala Rahman pada SUMEDANG ONLINE di ruang kerjanya. Senin, 27 April 2020.

SUMEDANG

Kades Trunamanggala: Harusnya Data Penerima Bantuan Diambil yang Terbaru