Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Rabu, 1 April 2020 - 18:44 WIB

Warga Mudik Sumbang Tingginya Angka Orang Dalam Risiko Covid 19 di Sumedang

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman saat memberikan keterangan pers di Gedung Negara Kabupaten Sumedang, 1 April 2020.

SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN SUMEDANG, HERMAN SURYATMAN SAAT MEMBERIKAN KETERANGAN PERS DI GEDUNG NEGARA KABUPATEN SUMEDANG, 1 APRIL 2020. SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN SUMEDANG, HERMAN SURYATMAN SAAT MEMBERIKAN KETERANGAN PERS DI GEDUNG NEGARA KABUPATEN SUMEDANG, 1 APRIL 2020.: Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman saat memberikan keterangan pers di Gedung Negara Kabupaten Sumedang, 1 April 2020.


SUMEDANG.ONLINE, GEDUNG NEGARA – Sebanyak tiga orang diduga positif Corona Virus (Covid-19). Hal itu setelah hasil rapid test menunjukan positif. Ketiga orang itu berasal dari Kecamatan Darmaraja, Paseh dan Buahdua.

“Situasi dan kondisi terkait penyebaran Covid 19 pada tanggal 1 April 2020 di Kabupaten Sumedang perlu lebih diwaspadai. Perkembangannya sebagai berikut Positif COVID-19 sebanyak 1 orang di Kecamatan Sumedang Selatan. Pasien Dengan Pengawasan (PDP) sebanyak 9 orang. Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 232 orang. Orang Dalam Risiko (ODR) sebanyak 15.292 orang. Sebanyak Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 17 orang dan Positif Rapid Test (Diduga Covid-19) sebanyak 3 orang di KecamatannPaseh, Buahdua dan Darmaraja,” ungkap Herman Suryatman selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang saat Siaran Pers, Rabu, 1 April 2020, di Gedung Negara.

Baca Juga  Jadi Ketum ADPM, Ridwan Kamil: Energi Terbarukan Prioritas

Herman menyebutkan tingginya lonjakan ODR, yang sebelumnya beristilah ODP Berisiko lantaran  adanya konsolidasi data para pemudik yang cukup masif yang dikoordinasikan oleh aparatur wilayah (Camat dan Kepala Desa/Lurah).

“Kecamatan yang paling banyak pemudik yang notabene masuk ODR adalah Kecamatan Paseh 1.536 orang, Kecamatan Cibugel 1.376 orang, Kecamatan Jatinunggal 1.225 orang, Kecamatan Wado 1.126 orang, dan Kecamatan Cisarua 1.064 orang,” jelas dia.

Lebih lanjut dia menyebutkan, saat ini pemudik dimaksud diminta untuk melakukan isolasi secara mandiri di rumahnya masing-masing untuk jangka waktu 14 hari ke depan. Apabila ada gejala seperti demam, batuk, sakit tenggorokan dan sesak napas, diminta segera menghubungi 119 atau kontak Puskesmas terdekat.

Baca Juga  Lama Vakum, Februari Sumedang Gelar Kejuaraan Karate

Sementara berkait jumlah total yang diduga terjangkit Covid-19 berdasarkan hasil Rapid Test menjadi tiga orang. Kepada tiga orang ini Herman meminta agar segera dilaksanakan tes SWAB menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PSR). Hal itu sebut dia untuk memastikan positif atau tidaknya.

“Hasilnya akan segera diumumkan, mudah-mudahan negatif. Ketiga orang yang diduga positif sesuai hasil rapid test tersebut diisolasi di RSUD Kabupaten Sumedang,” tandasnya. *IWAN RAHMAT*

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pemberian Paket sembako dari Kapolres Sumedang, , AKBP Eko Prasetyo Robbyanto, kepada para pedagang kaki lima, tukang becak, ojeg dan gelandangan di Kecamatan Tanjungsari, Jatinangor dan Cimanggung Kabupaten Sumedang. Minggu, 18 Juli 2021.

Halo Polisi

Disela Pengecekan Pos Penyekatan PPKM Darurat, Kapolres Sumedang Bagikan Sembako

Pilihan Redaksi

Anak Muda Sumedang Deklarasi Tolak Perilaku LGBT di Gedung Negara

Halo Polisi

Kapolres Sumedang: Setiap Hari 34 Orang Ditindak Tak Pakai Masker, Total Denda Administratif Tembus Rp53,1 Juta

Pilihan Redaksi

Hasilkan Omset Rp 2,9 M Pertahun, Komisi I DPRD Sumedang Kunjungi Bumdes Berdikari
TNI saat membagikan bantuan sosial berupa sembako kepada 25 kepala keluarga di Lingkungan Lembur Tengah RW 01/ RW 02, Kelurahan Situ, Kecamatan Sumedang Utara.

SUMEDANG

TNI Gencar Bagikan Sembako pada Warga Sumedang

Pilihan Redaksi

Relawan Doamu Mulai Kirim Bantuan ke Cimanintin
Peresmian serentak 23 rumah tidak layak huni Program Polres Sumedang dan Baznas Kabupaten Sumedang. Selasa, 8 Desember 2020.

Halo Polisi

Kapolres Resmikan 23 Rutilahu di Cisarua dari Program Polres Sumedang

SUMEDANG

Polres Sumedang Laksanakan Salat Istisqa