Menu

Mode Gelap

BISNIS · 28 Mei 2020 13:02 WIB ·

Mulai 1 Juli 2020, Perdagangan Melalui Sistem Elektronik Akan Dikenakan PPN

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

Ilustrasi perdagangan melalui elektronik. (Foto: Kemenkeu)

ILUSTRASI PERDAGANGAN MELALUI ELEKTRONIK. (FOTO: KEMENKEU) ILUSTRASI PERDAGANGAN MELALUI ELEKTRONIK. (FOTO: KEMENKEU): Ilustrasi perdagangan melalui elektronik. (Foto: Kemenkeu)

JAKARTA – Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10% akan dikenakan atas pembelian produk dan jasa digital dari pedagang atau penyelenggara Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE) berlaku mulai tanggal 1 Juli 2020.

Pengenaan pajak itu baik perdagangan dari luar maupun dalam negeri, yang mencapai nilai transaksi atau jumlah traffic dan pengakses tertentu dalam kurun waktu 12 bulan.

Kebijakan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menciptakan keadilan dan kesetaraan berusaha (level playing field) bagi semua pelaku usaha, di dalam maupun luar negeri, baik konvensional maupun digital.

Baca Juga  Ditinggal ke sawah, rumah Warya ludes terbakar

Selain itu, kebijakan ini dilakukan untuk melaksanakan Pasal 6 ayat 13a Perpu Nomor 1 tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Covid-19, dimana pemerintah menetapkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 48/PMK.03/2020 sebagai turunannya.

Melalui aturan ini, produk digital seperti layanan aliran (streaming) musik dan film, aplikasi dan permainan (games) digital, serta jasa daring lainnya dari luar negeri yang memiliki kehadiran ekonomi signifikan dan telah mengambil manfaat ekonomi dari Indonesia melalui transaksi perdagangannya, akan diperlakukan sama seperti produk konvensional atau produk digital sejenis dari dalam negeri.

Baca Juga  Devina dan Devani bayi kembar siam sudah di CT Scan, ini hasilnya

Penerapan PPN ini juga diharapkan dapat meningkatkan penerimaan negara dalam rangka menanggulangi dampak wabah Covid-19, dan menjaga kredibilitas anggaran negara serta stabilitas perekonomian negara di masa krisis global seperti ini.

Melalui pajak, pemerintah mengajak semua pihak untuk bahu-membahu, mengambil peran mengatasi tantangan akibat Covid-19. (Kemenkeu/EN)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 13 kali

Baca Lainnya

LSM GMBI Sumedang Gelar Capacity Building Digital Banking

30 Desember 2021 - 15:28 WIB

LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) menggelar kegiatan Capacity Building Digital Banking dalam Rangka Mendukung Gerakan Pemberdayaan Bidang UMKM, di Hotel Kencana Jaya Sumedang. Kamis, 30 Desember 2021.

Komunitas 67 UMKM Luncurkan Sumedang Larang Market Place

18 Desember 2021 - 16:40 WIB

Komunitas 67 UMKM bekerjasama dengan Keraton Sumedang Larang menggelar kegiatan acara Saremoni Sumedang Larang Market Place Sebagai Tonggak Digitalisasi Pasar bagi UMKM Sumedang

Wabup Sumedang Berharap Bumdes Tak Mematikan Usaha Masyarakat yang Sudah Ada

15 Desember 2021 - 18:49 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan berharap keberadaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) bisa menjadi salahsatu solusi untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

Sertipikatkan Tanah Melalui Program Sertipikasi HAT Mandiri Lintas Sektor UMKM, Pemohon Mengaku Tak Persoalkan Biaya

31 Oktober 2021 - 15:29 WIB

Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir saat memberikan sambutan saat penyerahan 500 sertipikat tanah yang dibagikan pada para pelakum UMKM di Kabupaten Sumedang, di Gedung Negara, beberapa waktu lalu.

Sumedang Gelar UMKM Milenial Sumedang Naik Kelas

28 Oktober 2021 - 03:45 WIB

Pemerintah Kabupaten Sumedang bersama Yayasan Masyarakat Indonesia Emas dan Kementerian Koperasi UKM menggelar UMKM Milenial Sumedang Naik Kelas di Ruang Tampomas IPP Sumedang. Rabu, 27 Oktober 2021

Buka Festival Kopi Sumedang, Wabup: Bidik Ekspor ke Mancanegara

26 Oktober 2021 - 17:39 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan berharap kopi Sumedang makin terkenal bahkan bisa ekspor ke Manca Negara. Hal itu dikatakan Erwan saat membuka Festival Sumedang ke-3 di Kawasan Induk Pusat Pemerintahan Setda Sumedang. Selasa, 26 Oktober 2021.
Trending di Pilihan Redaksi