Home / PENDIDIKAN / Pilihan Redaksi

Sabtu, 30 Mei 2020 - 12:46 WIB

PPDB SMP di Sumedang Masih Jauh, Banyak Siswa yang Sudah Daftar Termasuk ke SMPN 4

Kepala SMP Negeri 4 Sumedang, Edeng Sutarya

KEPALA SMP NEGERI 4 SUMEDANG, EDENG SUTARYA KEPALA SMP NEGERI 4 SUMEDANG, EDENG SUTARYA: Kepala SMP Negeri 4 Sumedang, Edeng Sutarya


SUMEDANG — Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Sumedang baru dibuka pada 22 Juni mendatang, dan berakhir pada 27 Juni 2020. Namun menurut Kepala SMP Negeri 4 Sumedang, Edeng Sutarya, hingga saat ini sudah mulai ada siswa yang melakukan pendaftaran baik dari jalur zonasi maupun jalur lainnya.

“Sesuai dengan juklak (Petunjuk Pelaksana) juknis (Petunjuk Teknis). PPDB masuk ke SMP di Kabupaten Sumedang itu dimulai dari tanggal 22 sampai dengan tanggal 27 Juni 2020. Namun sekarang sudah banyak yang mendaftar secara sementara baik dari zonasi maupun dari jalur yang lain. Sifatnya bukan pendaftaran tapi sifatnya mengarah pada persiapan pendaftaran. Karena kondisi sekarang seperti ini, jangan sampai nanti pada saatnya itu membludak banyak yang hadir. Itu keluar dari aturan protokol kesehatan,” jelas Edeng Sutarya pada SUMEDANG ONLINE. Sabtu, 30 Mei 2020.

Baca Juga  Jabar Duduki Peringkat I, Raihan Medali Sementara PON XIX

Disinggung saat ini banyak sekolah yang melakukan pendaftaran secara online untuk menghindari kontak langsung dengan para pendaftaran. Menurut Edeng, seharusnya pendaftaran online dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang. Hal ini untuk menghindari double data, para siswa yang telah memilih sekolah A, kemudian memiliih sekolah lainnya.

“Tapi kalau online se Kabupaten itu tidak mungkin terjadi dikondisikan oleh aplikasi di tingkat kabupaten. Sehingga double pendaftaran tidak terjadi. Yang terjadi di Kabupaten Sumedang itu sebetulnya online, online banci. Jadi ada yang mendaftar secara offlen, ada juga yang mendaftar secara online. Sebetulnya bukan online, tetapi mendaftarakan via aplikasi, tetapi berkas segala macam dilakukan secara offline,” jelas dia.

Baca Juga  BKD Sumedang Umumkan Hasil Seleksi SKD, Ini Hasilnya

Sistem online sendiri dikatakan Edeng, dilakukan di SMPN 4 Sumedang. Sehingga orang tua siswa dapat melakukan pendaftaran sejak dari sekarang. Namun, dia mengingatkan, statusnya bukan sebagai pendaftar calon peserta didik ke SMPN 4 Sumedang.

“Tetapi itu hanya untuk menampung data saja. Nanti, pada tanggal 22 sampai dengan 27 Juni, mereka tinggal membawa persyaratan untuk mengecek betul tidak. Dari data online yang sudah dibuka itu tinggal melakukan validasi. Sehingga pada tanggal itu pendaftar tidak akan terlalu banyak,” pungkas dia. IWAN RAHMAT

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Keren Nih, Pagar Nusa Sumedang Prakarsai Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi

Pilihan Redaksi

2017, Jalan Citengah Margawindu bakal diperbaiki. Komisi D: Dialokasikan Rp8,1Miliar

Pilihan Redaksi

RW 03 Panyingkiran Kecewa Pengaspalan Jalan Kurang Optimal

JATINANGOR

Masjid Uswatun Hasanah Bakal Tampung Ribuan Jamaah

Pilihan Redaksi

PN Sumedang Raih Predikat Excellent, Dony Berikan Apresiasi

PENDIDIKAN

UNBK Terakhir 2020 SMP/MTs, Disdik Sumedang Optimistis 100 Persen Berbasis Komputer

KESEHATAN

Pemda Sumedang Bidik dalam Lima Tahun Angka Stunting Turun

Pilihan Redaksi

Ingat Ya, Pemerintah Hanya Buka CPNS Lewat Formasi Khusus