Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 29 Mei 2020 21:58 WIB ·

Sumedang Masuk Era Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal)

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir

BUPATI SUMEDANG, DONY AHMAD MUNIR: Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir

SUMEDANG — Setelah melalui perjalanan berliku akhirnya Kabupaten Sumedang memutuskan keluar dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan mulai tanggal 30 Mei 2020 masuk ke era new normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

“Alhamdulillah setelah melalui pertimbangan yang cermat, mulai tanggal 30 Mei 2020 Kabupaten Sumedang akan melaksanakan AKB. Namun efektifnya dimulai tanggal 2 Juni 2020. Tanggal 30 dan 31 Mei serta 1 Juni, kita manfaatkan untuk kegiatan sosialisasi, intermediasi perizinan dan simulasi. Aktivitas yang akan dibuka paling duluan adalah rumah ibadah (mesjid),” ungkap Dony Ahmad Munir, Bupati Sumedang. Jum’at (29/5).

Kabupaten Sumedang menetapkan pelaksanaan AKB berdasarkan pertimbangan yang komprehensif, mulai dari kajian normatif berdasarkan hasil evaluasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat, empiris yakni berdasarkan evaluasi praktis di lapangan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang, serta akademik berdasarkan kajian para pakar dari ITB dan Unpad.

Baca Juga  Demi kemanusiaan TMP, Kadin, dan HIPMI spontan galang dana untuk Rohingya. Rp 1,5 Miliar Terkumpul

Dijelaskan lebih lanjut, sesuai hasil evaluasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Sumedang bersama 14 kabupaten lain di Jawa Barat masuk pada level 2 atau moderat. Artinya kabupaten yang masuk zona ini bisa keluar dari PSBB dan melaksanakan physical distancing melalui AKB.

“Tadi sore saat video conference dengan Pak Gubernur, Kabupaten Sumedang direkomendasikan untuk melaksanakan AKB, dengan pola penerapan protokol kesehatan yang ketat karena masih belum aman dari ancaman Covid-19,” ucap Dony.

Sehari sebelumnya, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang sudah melaksanakan evaluasi menyeluruh terhadap pelaksanaan PSBB. Secara umum berjalan baik dan ada peningkatan score, tapi belum signifikan. Karena itu disarankan apabila mau keluar dari PSBB dan masuk ke AKB, harus dilakukan secara hati-hati dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Baca Juga  Memenuhi Syarat Minimal 15 Parpol di jawa barat

Dari hasil evaluasi dimaksud, score pelaksanaan PSBB Kabupaten Sumedang tahap 3 mencapai 69,23. Adapun tahap 2 sebelumnya 65,99. Di sisi lain berdasarkan analisis pakar, angka reproduksi Covid-19 Kabupaten Sumedang 0,913. Sedangkan indeks transmisinya masih di angka 41 persen.

“Kalau melihat data tersebut, Sumedang termasuk moderat tapi belum aman. Untuk itu saya minta, di era AKB ini semua warga masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. Pakai masker, rajin cuci tangan, jaga jarak, hindari kerumunan dan biasakan berperilaku hidup bersih dan sehat,” pungkas Dony. (Humas/Sumedang)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 2 kali

Baca Lainnya

Satu Keluarga Tertimbun Longsor, Seorang Meninggal Dunia

22 Januari 2022 - 18:44 WIB

Satu keluarga tertimbun tanah saat longsor terjadi di Dusun Cukanggaleuh, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sabtu, 22 Januari 2022.

Diduga Rem Blong, Truk Angkut Pasir Seruduk Bangunan SDN Cibeureum 4

20 Januari 2022 - 17:29 WIB

Sebuah Truk Angkut Pasir diduga rem blong sehingga harus menimpa ke sebuah ruangan Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Desa Cibeureum kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.

Bupati Sumedang Minta Pengurus Baru dapat Memajukan IWAPI

19 Januari 2022 - 21:31 WIB

Pelantikan Ketua dan Dewan Pengurus Cabang IKatan Wanita Pengusaha Indonesia Kabupaten Sumedang Periode 2021-2026 dihadiri sekaligus memberikan sambutan dan pengarahan oleh Bupati Sumedang. Bertempat, di Gedung Negara Sumedang.

Keraton Sumedang Larang Imbau Ketum PDI Perjuang Berikan Sanksi Tegas pada Atreria Dahlan

19 Januari 2022 - 21:21 WIB

H.R.I Lukman Soemadisoeria selaku PYM Sri Radya Karaton SUmedang Larang saat menyampaikan sikap Keraton Sumedang Larang atas pernyataan Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan yang meminta Kajati Jabar untuk dipecat karena menggunakan bahasa Sunda.

Jelang Porprov XIV Jawa Barat, KONI Sumedang Gelar Evaluasi Program Kerja

18 Januari 2022 - 17:43 WIB

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sumedang menggelar kegiatan rapat kerja daerah (rakerda) yang dilaksanakan di Gedung Islamic Center, dihadiri jajaram pengurus Koni Sumedang dan perwakilan cabor yang berada dibawah Koni Kab Sumedang. Selasa (18/01/2022)
Trending di SUMEDANG